DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KONSEP SUMBER ENERGI PANAS DAN PERUBAHAN ENERGI PADA TEMA 9 KAYANYA NEGERIKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) EXAMPLE NON EXAMPLE DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) KELAS 4 SDN ANJIR MUARA KOTA 1 BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD KHAIRAN NAJMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

Najmi, Muhammad Khairan. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sumber

Energi Panas dan Perubahan Energi Pada Tema 9 Kayanya Negeriku menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) Example Non Example dan Course Review Horay (CRH) SDN Anjir Muara Kota 1. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiansyah M.Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL)

 

            Example  Non Example dan Course Review Horay (CRH). 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya berfikir siswa dalam memecahkan masalah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Anjir Muara Kota 1. Hal ini disebabkan pembelajaran yang dilaksanakan tidak menggunakan model-model pembelajaran, pada proses belajar anak tidak mengacu pada pembelajaran aktif yang berpikir kritis. Salah satu upaya meningkatkan Hasil belajar yaitu menggunakan kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) Example Non Example dan Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan pada empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Anjir Muara Kota 1 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan deskriptif analisis dengan cross tabulasi menggunakan presentasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 dan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 dan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Pada pertemuan 1 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 30%. Pada pertemuan 2 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 40%. Pada pertemuan 3 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 73%. Pada pertemuan 4 ketuntasan klasikal hasil belajar siswa 91%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL) Example Non Example dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada tema 9 Kayanya Negeriku materi Sumber energi panas dan perubahan energi kelas IV SDN Anjir Muara Kota 1 dan hipotesis dapat diterima.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI