DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Numbered Heads Together (NHT), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble di Kelas IV SDN Tambak Danau Kabupaten Banjar | |
PENGARANG | : | SHIELA OKTAVIANI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-20 |
ABSTRAK
Shiela Oktaviani. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn Materi Keberagaman Karakteristik Individu menggunakan Kombinasi Model Numbered Heads Together (NHT), Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Scramble Di Kelas IV SDN Tambak Danau Kabupaten Banjar. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan. Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat.
Kata kunci : Numbered Heads Together (NHT), Two Stay Two Stray (TSTS), Scramble.
Permasalahan penelitian ini disebabkan karena pembelajaran satu arah dan rendahnya hasil belajar PPKn yang didapat siswa kelas IV. Oleh karena itu perlu adanya perubahan proses pembelajaran agar meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa serta agar memotivasi siswa untuk giat belajar yaitu dengan penerapan Kombinasi Model Numbered Heads Together (NHT), Two Stay Two Stray (TSTS) Dan Scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan dengan langkah-langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setting penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Tambak Danau Kabupaten Banjar yang berjumlah 18 orang siswa. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Indikator keberhasilan adalah peningkatan aktivitas guru dan siswa serta tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan ketuntasan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas guru dalam pelaksanaan pembelajaran muatan PPKn menggunakan kombinasi model Numbered Heads Together (NHT), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble dapat terlaksana dengan baik pada setiap pertemuannya sehingga memperoleh kategori sangat baik (2) Aktivitas siswa dalam pelaksanaan pembelajaran muatan PPKn menggunakan kombinasi model Numbered Heads Together (NHT), Two Stay Two Stray (TSTS), dan Scramble dapat berjalan dengan baik pada setiap pertemuannya sehingga memperoleh kategori sangat aktif, (3) Penggunaan kombinasi model Numbered Heads Together (NHT), Two Stay Two Stray (TSTS), dan Scramble pada siswa kelas 4 SDN Tambak Danau Kabupaten Banjar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada muatan PPKn di setiap pertemuannya. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahawa kombinasi model Numbered Heads Together (NHT), Two Stay Two Stray (TSTS), dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran yang diberikan yaitu diharapkan kepada guru, penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan atau informasi dalam rangka memilih model-model pembelajaran dalam megajar, untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan juga hasil belajar siswa sehingga menjadi lebih optimal.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI