DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan PPKn Materi Keberagaman Karakteristik Individu Menggunakan Kombinasi Model Numbered Heads Together (NHT), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Scramble di Kelas IV SDN Tambak Danau Kabupaten Banjar
PENGARANG:SHIELA OKTAVIANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

Shiela  Oktaviani.  2019.  Meningkatkan  Hasil  Belajar  Siswa  Tema  Daerah  Tempat Tinggalku  Muatan  PPKn  Materi  Keberagaman  Karakteristik  Individu menggunakan  Kombinasi  Model  Numbered  Heads  Together  (NHT),    Two  Stay Two  Stray  (TSTS)  Dan  Scramble  Di  Kelas  IV  SDN  Tambak  Danau  Kabupaten Banjar.  Skripsi  Jurusan  Ilmu  Pendidikan.  Program  S-1  Pendidikan  Guru  Sekolah Dasar.  Fakultas  Keguruan  dan  Ilmu  Pendidikan.  Universitas  Lambung Mangkurat.   

Kata kunci :  Numbered  Heads  Together  (NHT),  Two  Stay  Two  Stray  (TSTS), Scramble.

Permasalahan  penelitian  ini  disebabkan  karena  pembelajaran  satu  arah  dan rendahnya  hasil  belajar  PPKn  yang  didapat  siswa  kelas  IV.  Oleh  karena  itu  perlu  adanya perubahan  proses  pembelajaran  agar  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  serta agar  memotivasi  siswa  untuk  giat  belajar  yaitu  dengan  penerapan  Kombinasi  Model Numbered  Heads  Together  (NHT),    Two  Stay  Two  Stray  (TSTS)  Dan  Scramble.  Tujuan dari  penelitian  ini  adalah  ingin  mengetahui  aktivitas  guru,  aktivitas  siswa,  dan  hasil belajar  siswa. Pendekatan  penelitian  yang  digunakan  yaitu  pendekatan  kualitatif.  Jenis  penelitian yaitu  Penelitian  Tindakan  kelas  (PTK).  Penelitian  ini  dilaksanakan  dalam  4  kali pertemuan  dengan  langkah-langkah  yaitu  perencanaan,  pelaksanaan,  observasi  dan refleksi.  Setting  penelitian  dilaksanakan  di  kelas  IV  SDN  Tambak  Danau  Kabupaten Banjar  yang  berjumlah  18  orang  siswa.  Pengumpulan  data  menggunakan  lembar observasi  dan  tes.  Data  dianalisis  secara  kuantitatif  dan  kualitatif.  Indikator  keberhasilan adalah  peningkatan  aktivitas  guru  dan  siswa  serta  tercapainya  ketuntasan  hasil  belajar siswa  secara  individual  dan  ketuntasan klasikal. Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa:  (1)  Aktivitas  guru  dalam  pelaksanaan pembelajaran  muatan  PPKn  menggunakan  kombinasi  model  Numbered  Heads  Together (NHT),  Two  Stay  Two  Stray  (TSTS)  dan    Scramble  dapat  terlaksana  dengan  baik  pada setiap  pertemuannya  sehingga  memperoleh  kategori  sangat  baik  (2)  Aktivitas  siswa dalam  pelaksanaan  pembelajaran  muatan  PPKn  menggunakan  kombinasi  model Numbered  Heads  Together  (NHT),  Two  Stay  Two  Stray  (TSTS),  dan  Scramble  dapat berjalan  dengan  baik  pada  setiap  pertemuannya  sehingga  memperoleh  kategori  sangat aktif,  (3)  Penggunaan kombinasi  model  Numbered Heads  Together  (NHT),  Two  Stay Two Stray  (TSTS),  dan  Scramble  pada  siswa  kelas  4  SDN  Tambak  Danau  Kabupaten  Banjar dapat  meningkatkan  aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa  pada  muatan  PPKn  di  setiap pertemuannya.   Berdasarkan  temuan  ini  dapat  disimpulkan  bahawa  kombinasi  model  Numbered Heads  Together  (NHT),  Two  Stay  Two  Stray  (TSTS),  dan  Scramble  dapat  meningkatkan aktivitas  dan  hasil  belajar  siswa.  Saran  yang  diberikan  yaitu  diharapkan  kepada  guru, penelitian  ini  dapat  dijadikan  bahan  pertimbangan  atau  informasi  dalam  rangka  memilih model-model  pembelajaran  dalam  megajar,  untuk  meningkatkan  aktivitas  guru,  aktivitas siswa dan juga hasil belajar siswa  sehingga  menjadi  lebih  optimal.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI