DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Pemahaman Melalui Pembelajaran Tematik Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Make A Match Pada Kelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin
PENGARANG:RISA ANUGERAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK Anugerah, Risa. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar Membaca Pemahaman Melalui Pembelajaran Tematik Peristiwa Dalam Kehidupan Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Make A Match Pada Kelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. H. Rustam Effendi, M.Pd., Ph.D. Kata Kunci: Membaca Pemahaman, Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Two Stay Two Stray (TSTS) dan Make A Match. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa kelas V SD Negeri Pangeran 2 Banjarmasin, siswa sulit memahami materi yang dipelajari dan siswa belum berperan aktif dalam proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena siswa kurang dilibatkan secara langsung dalam aktivitas pembelajaran dan guru kurang mampu menggunakan variasi model pembelajaran untuk menumbuhkan minat baca siswa sehingga pembelajaran kurang menarik, menyenangkan serta kurang bermakna bagi siswa. Maka peneliti menggunakan kombinasi model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Two Stay Two Stray (TSTS)dan Make A Match. Dengan tujuan untuk meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin dengan jumlah siswa 14 orang yaitu 10 orang laki-laki dan 4 orang perempuan pada semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pengumpulan data menggunakan cara observasi, tes dan dokumentasi. Indikator keberhasilannya apabila aktivitas guru mendapat kriteria minimal Baik, aktivitas siswa mendapat kriteria Aktif dan hasil belajar siswa mencapai nilai ?70 dan secara klasikal mencapai ?80%. Hasil penelitian menunjukan aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 23 dengan kriteria Baik meningkat di pertemuan 4 mencapai skor 30 dengan kriteria Sangat Baik. Aktivitas siswa secara klasikal pertemuan 1 memperoleh 57% dengan kriteria Cukup Aktif meningkat di pertemuan 4 mencapai 93% dengan kriteria Sangat Aktif, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pertemuan 1, 2, 3 dan 4 telah memenuhi ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Two Stay Two Stray (TSTS)dan Make A Match dapat meningkatkanaktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas V SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Sehingga disarankan kepada guru penggunaan model tersebut untuk dijadikan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.
Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI