DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU GEOGRAFI SMA NEGERI DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA DAN KECAMATAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:DAMAYANG MENTARI MUSLIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


Penelitian ini berjudul “Kompetensi Kepribadian dan Sosial Guru Geografi SMA Negeri Kecamatan Banjarmasin Utara dan Kecamatan Banjarmasin Timur. Kompetensi kepribadian adalah kemampuan kepribadian yang mantap, berakhlak mulia, arif, dan berwibawa serta menjadi teladan peserta didik, mantap, stabil, dewasa, arif dan bijaksana, mengevaluasi kinerja sendiri, dan mengembangkan diri secara berkelanjutan, sedangkan Kompetensi sosial adalah berkomunikasi dan bergaul secara efektif dengan peserta didik, sesama pendidik, tenaga kependidikan, orangtua/wali peserta didik dan masyarakat sekitar. Tujuan Penelitian adalah untuk menganalisis kompetensi kepribadian dan sosial guru geografi SMA Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara dan Kecamatan Banjarmasin Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian analisis deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian merupakan teman sejawat guru geografi SMA Negeri di Kecamatan Banjarmasin Utara dan Kecamatan Banjarmasin Timur yang berjumlah 169 orang. Metode pengambilan data yaitu kuesioner, studi dokumen dan studi pustaka.

Hasil penelitian ini yaitu kompetensi kepribadian dan sosial guru geografi di Kecamatan Banjarmasin Utara dan Kecamatan Banjarmasin Timur pencapaian persentase dari semua total jawaban responden yaitu 100%. Hal yang paling mempengaruhi dalam aspek kompetensi kepribadian guru geografi adalah berakhlak mulia dan aspek kompetensi sosial guru geografi adalah mampu berinteraksi dan berkomunikasi baik dengan peserta didik, teman sejawat, tenaga kependidikan, orang tua/wali peserta didik dan masyarakat.

 

Kata Kunci : Guru geografi, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI