DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KONTRIBUSI IKLIM SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU MELALUI MOTIVASI KERJA DAN KEPUASAN KERJA GURU SEBAGAI VARIABEL PERANTARA DI SMP NEGERI MODEL KABUPATEN TABALONG KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:Teti Misnawati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


Kata Kunci  : Kinerja Guru, Iklim Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kepuasan Kerja Guru

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk : 1) Mendeskripsikan tentang Iklim Sekolah, Motivasi kerja, Kepuasan Kerja dan Kinerja Guru SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 2) Menganalisis kontribusi iklim sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 3) Menganalisis kontribusi iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 4) Menganalisis kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 5) Menganalisis kontrubusi motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 6) Menganalisis kontribusi kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 7) Menganalisis kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja sebagai variabel perantara di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 8) Menganalisiskontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja sebagai variabel perantara di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong.

                Populasi penelitian ini adalah guru SMP Negeri Model seKabupaten Tabalong yang berjumlah 199 orang. Sampel diambil menggunakan teknik Proportional Random Sampling, dengan jumlah 132 orang. Teknik pengumpulan data kuesioner menggunakan skala Likert. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan analisis jalur(Path Analisys).

                Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Ada kontribusi iklim sekolah terhadap motivasi kerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 2) Ada kontribusi iklim sekolah terhadap kepuasan kerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 3) Ada kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 4) Ada kontrubusi motivasi kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 5) Ada kontribusi kepuasan kerja guru terhadap kinerja guru di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 6) Ada kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru melalui motivasi kerja sebagai variabel perantara di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong, 7) Ada kontribusi iklim sekolah terhadap kinerja guru melalui kepuasan kerja sebagai variabel perantara di SMP Negeri Model Kabupaten Tabalong.  

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada kepala sekolahuntuk berupaya membangun iklim sekolah yang terbuka dengan selalu memupuk dan merawat aspek supportive, collegial dan intimate serta meminimalkan aspek directive dan disengaged, serta mengembangkan model pembinaan guru dan staf agar motivasi kerjanya menjadi lebih baik lagi dan selalu berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan pegawai agar kepuasan kerja tercapai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI