DIGITAL LIBRARY



JUDUL:FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT SISWA MEMILIH MATA PELAJARAN GEOGRAFI PROGRAM PEMINATAN DI SMA NEGERI 3 BANJARMASIN
PENGARANG:WAHYU SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


Penelitian ini berjudul “Faktor–Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Memilih Mata Pelajaran Geografi Pada Program Peminatan SMA Negeri 3 Banjarmasin”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi minat siswa mata pelajaran geografi pada program peminatan di SMA Negeri 3 Banjarmasin di Kecamatan Banjarmasin Timur.

Penelitian ini merupakan penelitian kelas PMIA memilih mata pelajaran geografi yang dilaksanakan di SMA Negeri 3 Banjarmasin di Kecamatan Banjarmasin Timur. Metode penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI peminatan matematika dan ilmu alam (PMIA) SMA Negeri 3 Banjarmasin. Penentuan sampel menggunakan teknikproportionate stratified random sampling. Jumlah sampel sebanyak 140 siswa. Metode pengambilan data yaitu pengamatan langsung, kuesioner dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif persentase, uji instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan reabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi minat siswa dalam memilih mata pelajaran geografi pada program peminatan di SMA Negeri 3 Banjarmasin dipengaruhi oleh faktor internal dengan persentase 61%  dan faktor eksternal 70%. Pengaruh masing-masing faktor yang mempengaruhi minat siswa memilih mata pelajaran geografi program peminatan adalah a) faktor bakat memiliki pengaruh sebesar 64%, b) faktor motivasi memiliki pengaruh sebesar 73%, c) faktor cita-cita memiliki pengaruh sebesar 50% d) faktor keluarga memiliki pengaruh sebesar 66%, e) faktor teman memiliki pengaruh sebesar 66%, f) faktor sekolah dan guru memiliki pengaruh sebesar 76%. Faktor internal minat siswa dalam memilih mata pelajaran geografi program peminatan dipengaruhi oleh faktor motivasi dan faktor eksternal dipengaruhi oleh faktor sekolah dan guru.

 

Kata Kunci: Faktor, Minat, Program Peminatan, Geografi 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI