DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Aspek Nilai, Agama dan Moral Pada Anak Dalam Mengerjakan Ibadah (Mengurutkan Gerakan Wudhu dengan Benar) Menggunakan Kombinasi dengan Model Picture and Picture, Model Snowball Throwing dan Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B2 TK Aisyiyah 1 Banjarmasin Utara
PENGARANG:DIAN PUTRI DESM INDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

Indah, Dian Putri Desmita. 2019. “Mengembangkan Aspek Nilai, Agama dan Moral Pada Anak Dalam Mengerjakan Ibadah (Mengurutkan Gerakan Wudhu dengan Benar) Menggunakan Kombinasi dengan Model Picture and Picture, Model Snowball Throwing dan Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B2 TK Aisyiyah 1 Banjarmasin Utara”

 

Kata Kunci   : Nilai, Agama dan Moral, mengurutkan gerakan wudhu, Picture and Picture, snowball throwing, demonstrasi.

Penelitian ini dilatarbelakangi pada rendahnya kemampuan anak pada aspek nilai, agama dan moral dalam mengurutkan gerakan wudhu dengan benar. Dari 16 orang anak yang berkembang hanya 7 orang anak atau 44%. Hal ini dikarenakan faktor anak sulit megurutkan gerakan berwudhu, anak hanya melihat  poster cara berwudhu tapi belum memahami maksud dan tujuan poster tersebut dan minat dalam pembelajaran berwudhu masih rendah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil capaian pengembangan aspek nilai, agama dan moral dalam mengurutkan gerakan berwudhu dengan benar.

Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas, penelitian ini dilaksanakan dalam 4 pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaann, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas anak, dan hasil lembar kerja anak. Indikator keberhasilan dalam PTK ini dinyatakan berhasil apabila aktivitas guru mencapai 26-31 atau 32-40 dengan kategori baik atau sangat baik, untuk aktivitas anak mencapai 61-80% dan 81-100% dengan kriteria baik atau sangat baik, dan capaian perkembangan aspek nilai, agama dan moral anak secara klasikal mencapai 80% dengan memperoleh kriteria berkembang sangat baik (BSH).

Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas guru mencapai skor 34 dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak mencapai skor secara klasikal 88% dengan kategorisangat aktif. Sedangkan ntuk hasil capaian perkembangan aspek nilai, agama dan moral secara klasikal mencapai skor 81% dan berhasil berkembang sangat baik dengan memperoleh 򮮮.

 

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan kombinasi model picture and picture, model snowball throwing dan metode demonstrasi dalam mengurutkan gerakan wudhu dengan benar dapat mengembangkan aspek nilai, agama dan moral pada anak kelompok B2 di TK Aisyiyah 1 Banjarmasin Utara. Disarankan agar guru di TK Aisyiyah 1 Banjarmasin Utara dapat menggunakan kombinasi model picture and picture, model snowball throwing dan metode demonstrasi karena dapat memotivasi anak dalam pembelajaran di TK.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI