DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK DALAM MEMBIASAKAN BERPERILAKU SOPAN DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXAMPLE NON EXAMPLE, MODEL ROLE PLAYING, DAN METODE BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK B1 TK PEMBANGUNAN BANJARMASIN BARAT | |
PENGARANG | : | JENNY NUR ANRIA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-20 |
ABSTRAK
Anria, Jenny Nur. 2019 “Mengembangkan Kemampuan Aspek Nilai Agama dan Moral Anak Dalam Membiasakan Berperilaku Sopan Dalam Kehidupan Sehari-hari Menggunakan Kombinasi Model Example Non Example, Model Role Playing , dan Metode Bercerita Pada Anak Kelompok B1 TK Pembangunan Banjarmasin Barat “
Kata Kunci :Nilai Agama dan Moral, membiasakan berperilaku sopan dalam kehidupan sehari-hari , Example Non Example, Role Playing ,dan Metode Bercerita.
Usia 5-6 tahun anak sudah tahu perbuatan ini salah atau benar , dan seharusnya usia ini tidak dikenalkan saja tetapi harus ditunjukkan lagi bagaimana ia harus bertingkah laku, patuh terhadap tuntutan atau aturan orang tua dan lingkungan sosialnya. Namun, Karena Kurangnya kegiatan pelatihan diri dalam proses kegiatan pembelajaran, maka hal ini berdampak kepada Perkembangan aspek Nilai Agama dan Moral Anak dalam membiasakan berperilaku sopan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka peniliti menggunakan kombinasi model Examples Non Examples, Role Playing, dan metode bercerita dengan tujuan mengetahui bagaimana aktvitas guru, dan anak dalam perkembangan aspek NAM Membiasakan Berperilaku Sopan pada TK Peniliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis Penelitian Tindakan Kelas yang di laksanakan 4 kali pertemuan pada anak kelompok B1 dengan jumlah 14 orang anak, 7 anak laki-laki dan 7 anak perempuan di TK Pembangunan Banjarmasin Barat. Data penelitian diperoleh dari data kuantitatif dan data kualitatif indikator keberhasilan penelitian ini adalah aktivitas guru mencapai skor ≥ 43 dengan kategori sangat baik, aktivitas anak mencapai ≥ 81 % dengan kriteria sangat aktif sedangkan secara klasikal mencapai ≥ 80% dan hasil perkembangan anak minimal mendapat (???)dan ( ????) . Aktivitas guru pertemuan 1, 2, 3 dan 4, mencapai kriteria; kurang Baik, Cukup Baik, Baik, dan Sangat Baik yang di karenakan setiap pertemuan aktivitas guru meningkat, dan Hasil perkembangan anak dalam membiasakan berperilaku sopan pada pertemuan 3 memperoleh kategori mulai berkembang dan pada pertemuan 4 mendapat kategori berkembang sangat baik Berdasarkan hasil penelitian, dapat di simpulkan bahwa kombinasi Model Examples Non Examples, Role Playing, dan Metode Bercerita Mampu meningkatkan perkembangan anak dalam membiasakan berperilaku sopan dalam kehidupan sehari-hari dan hipotesis dapat diterima.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI