DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA DALAM MENYEBUTKAN KELOMPOK GAMBAR YANG MEMILIKI BUNYI/HURUF AWAL YANG SAMA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL MAKE A MATCH, TALKING STICK DAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA KELOMPOK B TK NU ABDURRAHMAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:NOR LATIPAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK 

 

Latipah, Nor. 2019.“Mengembangkan Kemampuan Bahasa dalam Menyebutkan Kelompok Gambar yang Memiliki Bunyi/Huruf Awal yang Sama Menggunakan Kombinasi Model Make A Match, Talking Stick dan Media Kartu Bergambar pada Anak Kelompok B TK NU Abdurrahman Banjarmasin Timur”. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Ali Rachman, M.Pd 

 

Kata Kunci :Menyebutkan Gambar yang Memiliki Bunyi/Huruf Awal yang Sama, Make A Match, Talking Stick, Media Kartu Bergambar. 

 

Permasalahan yang terjadi adalah pembelajaran berpusat pada satu arah sehingga anak terkesan pasif dan sebagian anak masih sulit mengembangkan aspek bahasanya, pembelajaran yang dilakukan kurang menarik minat anak sehingga anak kurang memperhatikan saat pembelajaran berlangsung dan pembelajaran bersifat verbal sehingga anak kesulitan dalam menentukan gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak dan menganalisis hasil pengembangan aspek bahasa dalam menyebutkan gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama menggunakan model Make A Match, model Talking Stick, dan media kartu bergambar. Jenis penelitian ini tergolong penelitian tindakan kelas (PTK), setting penelitian pada anak kelompok B TK NU Abdurrahman Kecamatan Banjarmasin Timur. Jumlah anak yang diteliti ada 16 orang, 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Analisis data secara deskriptif kualitatif dan cross tabulasi dengan indikator aktivitas guru mencapai skor   27 dengan kategori “Sangat Baik”, aktivitas klasikal anak dengan skor   82% dengan kategori “Sangat Aktif”, dan hasil hasil perkembangan anak minimal mendapat lebih dari atau sama dengan tiga bintang (  ???). Berdasarkan hasil tindakan yang telah dilakukan dapat dinyatakan bahwa penelitian yang dilakukan meningkat, hal tersebut dapat dilihat pada siklus 4 mencapai dinyatakan berhasil dengan kategori sangat baik. Aktivitas anak pada siklus 4 dinyatakan berhasil dan mengalami peningkatan dengan kategori sangat aktif. Begitu juga pada hasil belajar anak pada siklus 4 dinyatakan berhasil dan mengalami peningkatan dengan kategori berkembang sesuai harapan (BSH). Hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Make A Match, Talking Stick, dan media kartu bergambar dalam menyebutkan gambar yang memiliki bunyi/huruf awal yang sama dapat mengembangkan aspek bahasa pada anak kelompok B TK NU Abdurrahman Banjarmasin Timur.  

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI