DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Sikap Percaya Diri Anak Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita, Show And Tell Dengan Bantuan Media Papan Flannel Pada Kelompok B Tk Al-Hidayah Kecamatan Bati-Bati
PENGARANG:KHADIJAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

Khadijah. 2019, Mengembangkan Sikap Percaya Diri Anak Menggunakan Kombinasi Metode Bercerita, Show And Tell Dengan Bantuan Media Papan Flannel Pada Kelompok B Tk Al-Hidayah Kecamatan Bati-Bati. Skripsi S1 Pendidikan Guru Anak Usia Dini, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci: Sosial Emosional, Sikap Percaya Diri, Metode Bercerita, Metode Show and tell,  dan Media Papan Flannel.

Masalah yang terjadi pada anak kelompok B TK Al- Hidayah Kecamatan Bati- Bati adalah anak kurang mampu berinteraksi dengan teman dan guru, anak pasif ketika pembelajaran, dan anak tidak percaya diri terhadap dirinya sendiri. Solusi untuk masalah tersebut yaitu dengan menggunakan kombinasi metode Metode Bercerita, Show And Flannel Tell Dengan Bantuan Media Papan Flannel. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisa aktivitas guru, aktivitas anak, dan pengembangan sosial emosional anak dalam sikap percaya dirinya menggunakan kombinasi Metode Bercerita, Show And Tell Dengan Bantuan Media Papan Flannel.

Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas guru, aktivitas anak, dan pengembangan sosial emosioanal. Instrument yang digunakan adalah lembar pengamatan. Indikator keberhasilan guru dikatakan berhasil jika memperoleh skor ≥21 dengan kriteria sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil secara klasikal jika memperoleh  ≥82% dengan kriteria hampir seluruh anak  ≥aktif  dan untuk hasil perkembangan sosial emosional secara klasikal mencapai  ≥80% anak memperoleh bintang tiga (((  atau berkembang sesuai harapan (BSH) dari seluruh anak.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas anak pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan III mencapai kritria aktif, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil pengembangan aspek sosial emosional anak pada pertemuan I mencapai 50%, pertemuan II mencapai 67%, pertemuan III mencapai 75%, dan pertemuan IV mencapai 91%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi Metode Bercerita, Show And Tell Dengan Bantuan Media Papan Flannel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil pengembangan sosial emosional. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI