DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT, MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION, DAN SCRAMBLE DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN INFORMASI PADA SISWA KELAS 3B SDN CINDAI ALUS 2 MARTAPURA
PENGARANG:NOR AZIZAH SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


Safitri, Nor Azizah. 2019.Implementasi Kombinasi Model Pembelajaran Cooperative Script, Model Cooperative Integrated Reading And Composition, Dan Scramble Dalam Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Ringkasan Informasi Pada Siswa Kelas 3B SDN Cindai Alus 2 Martapura. Skripsi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Ilmu Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Susilawaty, M.Pd.

 

Kata kunci : Implementasi, Kombinasi model Cooperative Script, Model Cooperative Integrated Reading And Composition, dan Scramble, Menulis ringkasan informasi.

 

Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya keterampilan menulis ringkasan informasi yang mengakibatkan hasil belajar rendah yang disebabkan karena kurang tepatnya penggunaan EBI, kurang tepat menentukan pokok informasi dan kurangnya penerapan strategi dan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas siswa dan bermaknanya pembelajaran. Solusi untuk permasalahan tersebut yaitu menggunakan kombinasi model pembelajaran Cooperative Script, Model Cooperative Integrated Reading And Composition dan Scramble. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas 3B SDN Cindai Alus 2 Martapura.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Setting penelitian adalah kelas 3B SDN Cindai Alus 2 Martapura tahun ajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa 25 orang terdiri dari 10 orang laki-laki dan 15 orang perempuan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kualitatif (aktivitas guru dan siswa), dan data kuantitatif (hasil belajar siswa). Indikator keberhasilan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah aktivitas guru mencapai kategori “Sangat Baik” dan aktivitas siswa mencapai kategori “Sangat Aktif” serta siswa dapat mencapai ketuntasan belajar secara individu >70 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal >80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I dikriteriakan baik dengan skor 22 atau 69% dan pada siklus II dikriteriakan sangat baik dengan skor 30 atau 94%. Aktivitas siswa pada siklus I dikriteriakan cukup aktif dengan persentase 52%, dan pada siklus II dikriteriakan sangat aktif dengan persentase 92%. Hasil belajar secara klasikal pada siklus I 40% meningkat menjadi 92% pada siklus II pertemuan kedua.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kombinasi model pembelajaran Cooperative Script, Model Cooperative Integrated Reading And Composition dan Scramble dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar. Disarankan kepada guru dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI