DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan Moral Dalam Meniru Gerakan Berwudhu Menggunakan Kombinasi Model Picture and picture, explicit Intruction dan Talking Stick Pada Anak Kelompok A Taman kanak- kanak Cahaya Banjarmasin Selatan
PENGARANG:NOR ATIKA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


Atika, Nor. 2019. Mengembangkan Kemampuan Nilai Agama dan Moral Dalam Meniru Gerakan Berwudhu Menggunakan Kombinasi Model Picture and Picture, Explicit Intuction dan Talking Stick pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Cahaya Banjarmasin Selatan. Pembimbing Dr. Asniwati,S. Pd., M. Pd.

Kata Kunci: Gerakan Berwudhu, Picture and Picture, Explicit Intruction, Talking stick

Penelitian ini berlatar belakang pada kemampuan anak dalam meniru gerakan berwudhu masih belum berkembang. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang kurang menarik dan anak kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran sehingga anak tidak termotivasi dan tidak berminat serta merasa bosan dalam pembelajaran meniru gerakan berwudhu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan anak dalam meniru gerakan berwudhu menggunakan kombinasi Model Picture and Picture, Explicit Intuction dan Talking Stick.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah di Taman kanak-Kanak Cahaya Banjarmsin Selatan anak Kelompok A yang berjumlah 11 anak (5 orang laki-laki dan 6 orang perempuan). Anasislis data secara deskriptif kualitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah aktivitas guru memenuhi kriteria sangat baik, aktivitas anak memenuhi kriteria sangat aktif dan hasil perkembangan anak minimal mendapat bintang ??? (BSH).

Hasil penelitian menujukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 3 memperoleh skor 30 kriteria “sangat baik”. Hasil perkembangan kemampuan anak

berkembang 91% dengan memperoleh bintang 3 (???) Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan bintang (????) Berkembang Sangat baik (BSB).

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan

Kombinasi Model Picture and Picture, Explicit Intuction dan Talking Stick dapat mengembangkan kemampuan meniru gerakan ber wudhu. Disarankan hasil penelitian ini dapat menjadi masukan dan informasi yang berguna sebagai perbaikan pembelajaran pada nilai, agama dan moral.

v

v

 

ABSTACK

Atika, Nor. 2019. Developing Ability Mimicking Wudoo Movement Using Combination Model Picture and Picture, Explicit Intruction and Talking Stick in Children A group of kindergarten Housing North Banjarmasin. Thesis Program S1 PG-PAUD FKIP ULM Banjarmasin. Advisors Dr. Hj. Asniwati, S. Pd., M. Pd.

Keywonds: Ablution Movement, Picture and Picture, Explicit Intruction , Talking Stick

This research is based pn tehe ability of children to imitate the ablution movement is still undevelopet. This is because children are less actively involved in the learning process and learning that is less attractive so that children are not motivated and not interested and feel bored and in learning to imitate the ablution movement. The purpose of the study was to determine the teacher’s activities, children’s activities and the results of children’s development in imitating the ablution movement using a combination of model picture and picture, explicit intruction and talking stick.

This research approach used is a qualitative approach. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The setting of this research is in the Cahaya Kindergarten, South Banjarmasin, Group A children, totaling 11 children (5 boys and 6 women). Descriptive qualitative data analysis. The indicator of success in this study is that the teacher’s activity meets the criteria very well, the activity of the child fulfills the criteria of being of being very active and the result of child devloment have at least ??? (BSH) stars.

The results of the study showed that the teacher’s activity at meeting 3 had a score of 30 with the criteria of “very good”. Child activites increased at meeting 3, getting 91% with the criteria of “very active”. The development of children’s abilities develops 91% by gaining 3 stats (???) Growing As Expected (BSH)

and 4 stars (????) Developing Very Good (BSB).

Based on the results of the study it can be concluded that the use of a combination of picture and picture model, explicit intruction and talking stick can develop the ability to imitede ablution movements. It is suggested that the results of this study can be input and information this is useful as an improment in learning on values,religion and morals.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI