DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM SOLVING (PB), SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION INTELECTUALLY (SAVI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) SISWA KELAS VB SDN SN SUNGAI MIAI 5 BANJARMASIN
PENGARANG:MARDIATI ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

Ulfah, Mardiati. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar IPA Menggunakan Kombinasikan Model Problem Solving (PB), Somatic Auditory Visualization And Intellectualy (SAVI) dan Course Review Horay (CRH) Siswa Kelas VB SDN SN Sungai Miai 5 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Radiasnyah, S. Pd., M. Pd.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Solving, Somatic Auditory Visualization and Intelectualy (SAVI), Course Review Horay (CRH).

      Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam berpikir ilmiah dan kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap suatu pembelajaran. Hal ini menyebabkan hasil belajar siswa menjadi rendah yaitu disebabkan proses pembelajaran yang diterapkan belum bersikap ilmiah, penggunaan model pembelajaran belum sesuai dan terlalu bersikap monoton pada pengelolan kelas dan literasi pembelajarn yang digunakan. Sehingga solusi masalah tersebut untuk meningkatkan hasil belajar siswa yaitu dengan menggunakan kombinasi model problem solving, Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually (SAVI) dan Course Review Horay (CRH). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengentahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan pada siswa kelas VB SDN SN Sungai Miai 5 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 37 orang terdiri 19 orang laki-laki dan 18 orang perempuan. Penelitian ini menggunakan jenis data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa dan kuantitatif melalui teknik tes tertulis secara individu. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah jika ketuntasan belajar individual dengan mencapai skor nilai ≥75 dan dapat mencapai ketuntasan klasikal ≥82% dari seluruh siswa.

Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 dengan kriteria “baik”, meningkat pada pertemuan 2, 3 dan 4 dengan kriteria “sangat baik”. Aktivitas siswa secara klasikal pada pertemuan 1 memperoleh kriteria “aktif”, meningkat pada pertemuan 2,3 dan 4 dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar pada pertemuan 1 memperoleh 41%, pertemuan 2 memperoleh 70%, pertemuan 3 memperoleh 78%, dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 95%.

Dari penelitian tersebut ditarik kesimpulan bahwa penggunaan kombinasi model pembelajaran problem solving, Somatic, Auditory, Visualization, and Intelectually (SAVI) dan Course Review Horay (CRH) dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VB SDN SN Sungai Miai 5 Banjarmasin. Sehingga, disarankan kepada guru dapat mengelola model pembelajaran IPA dengan terampil untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI