DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KETERAMPILAN MENULIS TEMA BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MELALUI COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION KOMBINASI DENGAN THINK TALK WRITE DAN NUMBERED HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN SYAMSUDIN NOOR BANJARBARU
PENGARANG:SARI RAHMAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

Rahmawati, Sari. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menulis Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita Melalui Model Cooperative Integrated Reading Composition Kombinasi dengan Think Talk Write dan Numbered Head Together Pada Siswa Kelas V Sdn 3 Syamsudin Noor Banjarbaru. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Nina Permatasari, S.Psi, M.Pd.

Kata kunci : Hasil Belajar, Keterampilan Menulis, Cooperative Integrated Reading Composition, Think Talk Write, Numbered Head Together.

Permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas 5 SDN 3 Syamsudin Noor pada pembelajaran Bahasa Indonesia adalah rendahnya pemahaman siswa yang  berdampak pada hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia materi mengidentifikasi isi iklan. Hal ini mengakibatkan siswa menjadi kurang aktif pada saat diskusi materi mengidentifikasi isi iklan sehingga membuat hasil belajar siswa tidak tercapai. Hasil belajar pada ulangan harian semester II selama 1 tahun terakhir yaitu pada tahun ajaran 2017/2018, dari jumlah 29 orang siswa ditemukan hanya 14 orang siswa yang tuntas dan 15 orang yang mengalami kesulitan dalam mengidentifikasi iklan. Melalui model Cooperative Integrated Reading Composition Kombinasi dengan Think Talk Write dan Numbered Head Together guru dapat meningkatkan hasil siswa dalam keterampilan menulis mengidentifikasi isi iklan mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Metode penelitian ini adalah  Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan di kelas 5 SDN 3 Syamsudin Noor Banjarbaru tahun ajaran 2018/2019 pelajaran Bahasa  Indonesia tentang menguraikan urutan peristiwa. Jumlah siswa 28 orang terdiri dari 13 orang siswa dan 15 orang siswi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah data kualitatif yang diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru, lembar observasi aktivitas siswa serta data kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis yang diadakan pada akhir pertemuan. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru telah terlaksana dengan sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan menjadi kategori sangat aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 82%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar dalam Keterampilan Menulis Tema Benda-Benda Di Sekitar Kita menggunakan Model Cooperative Integrated Reading Composition Kombinasi dengan Think Talk Write dan Numbered Head Together Siswa Kelas 5 SDN 3 Syamsudin Noor Banjarbaru meningkat. Disarankan agar model ini dapat menjadi salah satu alternatif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnyapada materi mengidentifikasi isi iklan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI