DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ipa Materi Perubahan Energi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Course Review Horay Berbantu Media Visual Pada Siswa Kelas IVB SDN Cindai Alus 2 Martapura
PENGARANG:RIZKY MEYLINDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-20


ABSTRAK

 

Meylinda, Rizky. 2019. “Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Energi menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Course Review Horay (CRH) berbantu Media Visual Pada Kelas IV B SDN Cindai Alus 2 Martapura”. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing:Drs.

H. Hardiansyah, M.Si

 

Kata-kata kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Perubahan Energi, Inkuiri Terbimbing, Course Review Horay, Media Visual.

 

Permasalahan yang terjadi di SDN Cindai Alus 2 adalah rendahnya hasil belajar pada materi perubahan energi di kelas IV B. Berdasarkan data hasil belajar siswa materi perubahan energi tahun ajaran 2017/2018 ketuntasannya hanya mencapai 47% dari jumlah 30 siswa. Hal ini disebabkan kurangnya keaktifan dan daya tangkap siswa dalam mengikuti pembelajaran, oleh karena itu peneliti menggunakan kombinasi model Inkuiri Terbimbing, Course Review Horay dan media visual untuk mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Setting penelitian dilakukan di kelas IV B SDN Cindai Alus 2 tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 35 orang yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 23 orang perempuan. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diambil menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi untuk aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif yang diambil menggunakan teknik tes untuk hasil belajarsiswa.

Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan sebanyak 2 siklus yaitu aktivitas guru mendapatkan skor maksimal dengan kategori sangat baik pada siklus I maupun siklus II, untuk aktivitas siswa pada siklus I mencapai kategori aktif dan siklus II berada pada kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa memenuhi kriteria ketuntasan yang telah ditetapkan yaitu 80% dari jumlah seluruh siswa mendapat nilai 70 dengan ketuntasan klasikal sebesar 97% di siklusII.

Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa model Inkuiri Terbimbing, Course Review Horay dan media visual dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Dengan demikian inovasi strategi pembelajaran serta hasil dalam penelitian tindakan kelas ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi guru dalam meningkatkan kualitas belajar mengajar serta sebagai bahan masukan dan informasi bagi kepala sekolah dalam membina keterampilan mengajar guru.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI