DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KESIAPAN SISWA UNTUK MELAKSANAKAN KEGIATAN PRAKTIK BERWIRAUSAHA DI SMA NEGERI 1 MARTAPURA
PENGARANG:NURUL AZIZAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


ABSTRAK

Nurul Azizah, 2019. Pengaruh Pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan Terhadap Kesiapan Siswa Untuk Melaksanakan Kegiatan Praktik Berwirausaha di SMA Negeri 1 Martapura. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Dibawah bimbingan Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd, M.Si sebagai pembimbing I dan Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM sebagai Pembimbing II).

 

Kata Kunci: Pembelajaran  prakarya dan kewirausahaan, Kesiapan Siswa

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terhadap kesiapan siswa untuk melaksanakan kegiatan praktik berwirausaha di SMA Negeri 1 Martapura. Penelitian  ini memakai metode deskriptif asosiatif dan  pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini yaitu 892 orang siswa SMA Negeri 1 Martapura. Sampel penelitian berjumlah 134 orang siswa kelas X Sosial yang ditentukan dengan teknik Purposive Sampling.  Kuesioner dan dokumentasi merupakan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisis data yang dipakai yakni analisis deskriptif dan analisis regresi linear sederhana. Dari analisis data memperoleh hasil sebagai berikut: (1) gambaran pembelajaran prakarya dan kewirausahaan menempati kategori tinggi dengan tingkat persentase sebesar 79,37%, (2) gambaran kesiapan siswa untuk melaksanakan kegiatan praktik berwirausaha menempati kategori tinggi dengan tingkat persentase sebesar 72,91%, dan (3) pembelajaran prakarya dan kewirausahaan terbukti memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan siswa untuk melaksanakan kegiatan praktik berwirausaha di SMA Negeri 1 Martapura sebesar 0,778 atau 77,8% dengan kategori kuat dan 22,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dikaji di penelitian ini.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI