DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK KOGNITIF ANAK DALAM MENGKLASIFIKASIKAN BENDA BERDASARKAN WARNA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE PRAKTIK LANGSUNG YANG DIVARIASIKAN DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS PADA ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK ISLAM BAITUL MAKMUR BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:IDAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Idawati. 2019. Mengembangkan Kemampuan Aspek Kognitif Anak Dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction  Dengan Metode Praktik Langsung yang Divariasikan dengan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Islam Baitul Makmur Banjarmasin Utara. Skripsi S1 PG. PAUD. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing:Dr. H. Ahmad Muhyani Rizalie, M.Si.

 

Kata kunci : Aspek Kognitif, Mengklasifikasikan Benda, Model Direct Instruction, Metode Praktik Langsung, Metode Pemberian Tugas

Selama ini kemampuan anak di Taman Kanak-Kanak Islam Baitul Makmur Banjarmasin Utara masih kurang dalam mengenal warna yang saat mereka mengambar atau mewarnai gambar yang sudah disediakan, kemudian saat mereka disuruh untuk mengklasifikasikan warna tersebut mereka sering tertukar dan sering sekali salah sehingga mereka bosan dalam belajar dan tidak termotivasi dalam mempelajari warna yang disampaikan guru kepada mereka. Tujuan penelitian untuk mengetahuanperkembanganKemampuan Aspek Kognitif Anak Dalam Mengklasifikasikan Benda Berdasarkan Warna Menggunakan Kombinasi Model Direct Instruction  Dengan Metode Praktik Langsung yang Divariasikan dengan Metode Pemberian Tugas Pada Anak Kelompok A Taman Kanak-Kanak Islam Baitul Makmur Banjarmasin Utara.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Setting penelitian ini adalah Taman Kanak-Kanak Islam Baitul Makmur Banjarmasin Utara yang berjumlah 15 orang anak. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan menggunakan lembar observasi, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui instrument penelitian berupa lembar observasi yaitu untuk aktivitas guru dan aktivitas anak dalam pembelajaran.  

Hasilpenelitian aktivitas guru termasuk dalam kategori 100% sangat baik terlaksana karena mampu menerapkan kombinasi model direct instruction dengan metode praktik langsung yang divariasikan dengan metode pemberian tugas pada anak kelompok A TK Islam Baitul Makmur Banjarmasin Utara.Aktivitas anak dalam belajar termasuk 93% sangat sangat aktif dalam mengikuti pelajaran mengklasifikasikan benda berdasarkan warna yang disampaikan oleh guru kepada mereka dan mereka memperhatikan pelajaran yang diberikan guru. Perkembangan kemampuan kognitif anak dalam mengklasifikasikan benda berdasarkan warna yaitu 90,8% termasuk dalam kategori sangat berkembang dengan aktif.

Berdasarkan kesimpulan di atas maka disarankan kepada guru PGTK agar model kombinasi model direct instruction dengan metode praktik langsung yang divariasikan dengan metode pemberian tugas dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam memilih pendekatan dan model pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI