DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATERI KELILING DAN LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN MODEL DIRECT INSTRUCTION (DI) DIKOMBINASIKAN DENGAN MODEL TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZITION (TAI) DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) SISWA KELAS IV SDN APK 2 BARITO KUALA
PENGARANG:MUHAMMAD NOOR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah siswa bersifat pasif, motivasi dan minat belajar siswa dalam pembelajaran Matematika rendah juga kurangnya penguasaan siswa terhadap materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN Anjir Pasar Kota 2 yang mengakibatkan hasil belajar siswa rendah atau nilainya di bawah KKM.  Solusi dalam mengatasi masalah di atas  adalah melakukan pembelajaran menggunakan model Direct Instruction dikombinaskan dengan Team Assisted Individualizition dan Course Review Horay. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam materi keliling dan luas bangun datar pada siswa kelas IV SDN Anjir Pasar Kota 2 menggunakan kombinasi model Direct Instruction dikombinaskan dengan Team Assisted Individualizition dan Course Review Horay.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan di kelas IV SDN Anjir Pasar Kota 2 yang berjumlah 14 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil belajar siswa yang didapat melalui tes. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 80% siswa mencapai KKM nilai ≥70.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II mencapai kriteria baik, pertemuan III mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I memperoleh 35.71%, pertemuan II memperoleh 50%, pertemuan III memperoleh 71.4%, dan pertemuan IV mencapai 93%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 42%, pertemuan II mencapai 57%, pertemuan III mencapai 78%, dan pertemuan IV mencapai 92%.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model Direct Instruction dikombinaskan dengan Team Assisted Individualizition dan Course Review Horay dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI