DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN II TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA FKIP ULM BANJARMASIN ANGKATAN 2015.
PENGARANG:RISKA MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Riska Maulida. A1A315221. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan II Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin Angkatan 2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Dr. Supriyanto. (II) Muhammad Rahmattullah,M.Pd.

 

Praktik Pengalaman Lapangan merupakan rangkaian kegiatan yang dilakukan oleh tenaga pendidik untuk melatih kemampuan dan keterampilan dalam mengajar. Tujuan penelitian ini untuk (1) Mengetahui seberapa besar tingkat pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan II di FKIP ULM Banjarmasin angkatan 2015 (2) Mengetahui seberapa besar tingkat minat mahasiswa untuk menjadi guru di FKIP ULM Banjarmasin angkatan 2015 (3) Mengetahui pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan II terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin angkatan 2015.

Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Metode dskriptif kuantitatif adalah dimana peneliti akan mendiskripsikan kejadian yang terjadi selama penelitian berlangsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa FKIP ULM yang sudah mengambil PPL II berjumlah 1.216 mahasiswa dan sampel berjumlah 301 mahasiswa.

Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh praktik pengalaman lapangan II terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin angkatan 2015. Hal tersebut dapat ditunjukkan dari koefesien korelasi bernilai positif sebesar 0,503 dan nilai koefesien determinasi R squere 0,253 atau sebesar 25,3 % , nilai sig. 0,000 < 0,05 atau 5% maka penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan tetapi rendah variabel praktik pengalaman lapangan II terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa FKIP ULM Banjarmasin angkatan 2015 sebesar 25,3 % sedangkan sisanya 74,7 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

 

Kata Kunci : Praktik Pengalaman Lapangan II, Minat menjadi guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI