DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION, SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY, DAN TEAM GAMES TOURNAMENT DIKELAS IVB SDN SEKUMPUL MARTAPURA
PENGARANG:M. NORHIDAYAT FAHMI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


ABSTRAK

Fahmi, M. Norhidayat. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran PPKn Tema Kayanya Negeriku dengan Menggunakan Kombinasi Model Group Investigation, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy, Dan Team Games Tournament di kelas IVB SDN Sekumpul Martapura. Skripsi Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas dan Hasil Belajar, PPKn, Group Investigation, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy, Team Games Tournament.

Permasalahan siswa dalam pembelajaran PPKn tema Kayanya Negeriku di kelas IVB SDN Sekumpul Martapura adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa hal ini disebabkan siswa kurang aktif, kurangnya rasa percaya diri, kurang kebermaknaan dalam proses pembelajaran, siswa cepat bosan dan kurangnya variasi model pembelajaran. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melalui kombinasi model Group Investigation, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy, Dan Team Games Tournament. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam empat kali siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IVB SDN Sekumpul Martapura, dengan jumlah siswa 19 orang terdiri dari 12 orang perempuan dan 7 laki-laki pada semester II tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data menggunakan Transformative Mixed Metods : descriptive analysis dan cross tabulation analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru dari siklus I sampai siklus IV meningkat dari persentase 62%, 78%, 88% sampai 98%. Aktivitas siswa dari siklus 1 sampai siklus IV meningkat dengan ketuntasan klasikal dari persentase 26% dengan kriteria sebagian kecil aktif, 32% dengan kriteria sebagian kecil aktif, 68% dengan kriteria sebagian besar aktif sampai 95% dengan kriteria hampir seluruh aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar koginitif, afektif, dan psikomotorik siswa siklus IV meningkat dengan persentase 95%, 95% dan 100% .

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy, Dan Team Games Tournament dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI