DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMA EKOSISTEM KOMPONEN EKOSISTEM DENGAN MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN TALKING STICK PADA SISWA KELAS VC SDN KARANG MEKAR 5 BANJARMASIN
PENGARANG:KHUZAIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


 

ABSTRAK

Khuzaimah.2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Tema Ekosistem Komponen Ekosistem dengan Muatan IPA menggunakan Model PembelajaranGroup Investigation (GI) dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT)danTalking Stick Pada Siswa Kelas VC  SDN Karang Mekar 5 Banjarmasin”. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakutlas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Prof. Drs. H. Rustam Efendi, M.Pd. Ph. D.

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, Group Investigation, Numbered Head Together, dan Talking Stick.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa jarang mengemukakan pendapat dan pembelajaran masih bersifat satu arah, sehingga mengakibatkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VC SDN Karang Mekar 5 Banjarmasin pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Hai ini disebabkan model yang digunkan terlalu mononton. Salah satu upaya meningkatkan altivitas belajar yaitu melalui Model Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT) dan TalkingStick pada penelitian kelas di SDN Karang Mekar 5 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VC SDN Karang Mekar 5 Banjarmasin pada semester 2 tahun  2018/2019, dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitaif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator ketuntasan belajar yang ditetapkan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aktivitas guru pada pertemuan I mencapai kriteria baik, pertemuan II  baik, pertemuan III sangat baik dan pertemuan IV kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan I mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan II mencapai kriteria aktif, pertemuan II kriteria sangataktif dan pertemuan IV mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I mencapai 33.3%, pertemuan II mencapai 55.6%,pertemuan III mencapai 74.1%  dan pertemuan IV mencapai 92.6%

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulknn bahwa mmenggunakan Model Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT) dan TalkingStick dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Dan saran yang dikemukakan peneliti agar Model Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT) dan TalkingStick dapat menjadi alternatif guru dalam memperbaiki pembelajarn yang meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI