DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM BERSIKAP KOOPERATIF DENGAN TEMAN MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DEMONSTRASI, NUMBER HEAD TOGETHER, DAN TALKING STICK PADA KELOMPOK B TAMAN KANAK-KANAK TUNAS HARAPAN BANJARMASIN
PENGARANG:MERI SWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Swati Meri. 2019. Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak dalam Bersikap Kooperatif dengan Teman Menggunakan Kombinasi Model Demonstrasi dengan Number Head Together, dan Talking Stick pada Kelompok B TK Tunas Harapan Banjarmasin. Skripsi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Sulistiyana. S.Pd., M.Pd

 

Kata kunci : Sosial Emosional, kombinasi model demonstrasi dengan number head together dan talking stick

 

Masalah yang terjadi pada anak kelompok B TK Tunas Harapan adalah rendahnya perkembangan aspek sosial emosional anak dalam bersikap kooperatif dengan teman. Hal ini disebabkan karena metode/model pembelajaran yang digunakan masih kurang menarik dan kurangnya penerapan kerjasama dengan teman. Penelitian bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kemampuan sosial emosional.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan 4 kali pertemuan, setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yaitu aktivitas guru, aktivitas anak dan hasil perkembangan kemampuan sosial emosional. Indikator keberhasilan yang diharapkan pada aktivitas guru mencapai minimal kategori baik, aktivitas anak mencapai minimal kategori aktif, maupun hasil kemampuan anak dapat dikatakan berhasil minimal mencapai         .

Hasil penelitian pada setiap pertemuan selalu meningkat. Aktivitas guru pada pertemuan 1 mendapat skor 16 dengan kriteria “cukup baik” dan meningkat pada pertemuan 4 mendapat skor 24 dengan kriteria “sangat baik”. Hasil aktivitas anak pada pertemuan 1 aktivitas anak memperoleh 50% dengan kategori “cukup aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 dengan memperoleh skor 100% dengan kategori “sangat aktif”. Sedangkan untuk hasil perkembangan aspek sosial emosional anak pada pertemuan 1 yang berkembang sebanyak 31% mengalami peningkatan pada pertemuan 4 yang berkembang sebanyak 91% atau secara klasikal mencapai keberhasilan

Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model demonstrasi dengan number head together dan talking stick dalam bersikap kooperatif dengan teman dapat meningkatkan perkembangan anak pada aspek sosial emosional. Maka disarankan sebagai suatu alternatif kepada guru mengembangkan aspek sosial emosional dalam bersikap kooperatif dengan teman menggunakan kombinasi model demonstrasi dengan number head together dan talking stcik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI