DIGITAL LIBRARY



JUDUL:USAHA SEKTOR FORMAL MASYARAKAT CINA KELURAHAN GEDANG KOTA BANJARMASIN TAHUN 2000-2010
PENGARANG:Desy Anggriani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


ABSTRAK

Desy Anggriani, NIM. A1A114011. Usaha sektor Formal masyarakat Cina kelurahan Gedang Kota Banjarmasin  tahun 2000-2010. (Pembimbing I Drs. Yusliani Noor, M.Pd dan pembimbing II Mansyur, S.Pd., M.Hum).

 

Latar belakang penelitian ini berdasarkan usaha Formal masyarakat Cina di kelurahan Gedang banyak usaha-usaha formal masyarakat Cina yang mereka geluti di sana hal ini dibuktikan dengan adanya toko-toko milik masyarakat Cina yang berada di pinggiran jalan kelurahan gedang dari toko kecil hingga toko yang besar salah satu nya adalah toko 38 milik taci siyani. Dan juga sistem keluarga dalam menjalankan usaha sektor Formal masyarakat Cina di kelurahan Gedang Kota Banjarmasin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan usaha sektor formal masyarakat Cina Kelurahan Gedang kota Banjarmasin tahun 2000-2010 dan bagaimana sistem keluarga dalam menjalankan usaha sektor formal masyarakat Cina di kelurahan Gedang kota Banjarmasin.

Metode yang digunakan ialah metode penelitian sejarah. Metode ini memiliki 4 tahapan utama yaitu heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Data terdiri dari sumber primer dan sumber skunder. Sumber primer penulis dapat secara langsung dari narasumber yang relevan sesuai dengan obyek yang diteliti dan sumber skunder di dapat dari perpustakaan berupa buku-buku, data kependudukan dari kantor kelurahan dan badan statistic kota Banjarmasin serta Internet.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa usaha sektor formal masyarakat Cina di kelurahan Gedang meningkat dengan ramai nya toko-toko dan warung di pinggiran jalan di kawasan kelurahan Gedang milik masyarakat Cina tidak hanya di pinggiran jalan namun ada juga yang berada di dalam Gg seperti salon Trend dan Bridal. Dan juga dalam menjalankan usaha pada sektor Formal mereka lebih memilih menggunakan sistem keluarga dalam menjalankannya namun ada juga yang menggunakan sistem individu tidak di bantu oleh keluarga seperti toko 38.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah usaha formal yang di jalankan masyarakat cina kelurahan Gedang kebanyakan merintis dari awal bukan dari warisan keluarga serta meraka lebih memilih menjalankan usahanya dengan bantuan keluarga inti dari bantuan modal dan bantuan tenaga dalam memajukan usaha yang di rintis dari awal.

 

Kata kunci: kelurahan Gedang, masyarakat Cina, usaha masyarakat Cina dan Usaha formal

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI