DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR PADA MUATAN IPS TEMA 9 BENDA-BENDA DI SEKITAR KITA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INTRUCTIONS, COOPERATIVE SCRIPT, DAN MIND MAPPING PADA KELAS V SDN 3 GUNTUNG MANGGIS
PENGARANG:RAUDATUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Jannah, Raudatul. 2019. Meningkatkan Aktivitas Belajar pada Muatan IPS Tema 9 Benda-Benda Di Sekitar Kita Menggunakan Kombinasi Model Direct Intructions, Cooperative Script, dan Mind Mapping pada Kelas V SDN 3 Guntung Manggis. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Pendidikan, Univesitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Siswa, IPS, Tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita, Direct Intructions, Cooperative Script, dan Mind Mapping.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita di kelas V SDN 3 Guntung Manggis. Masalah ini disebabkan materi berat untuk siswa, siswa kesulitan dalam menghafal materi,  pembelajaran  kurang bermakna, kurangnya interaksi antar siswa sehingga minat dan motivasi kurang. Kombinasi model Direct Intructions, Cooperative Script,dan Mind Mapping menjadi solusi untuk permasalahan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa pada tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita materi Kegiatan Ekonomi yang ada di Indonesia di kelas V SDN 3 Guntung Manggis.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN 3 Guntung Manggis pada semester genap tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan data kuantitatif diperoleh dari hasil belajar siswa. Aktivitas guru dinyatakan berhasil jika mencapai kriteria “Sangat Baik” dan aktivitas siswa dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa berhasil apabila ³80% siswa mendapatkan nilai ³70.

Hasil penelitan menunjukkan aktivitas guru pada pertemuan 3 terlaksana dengan “Sangat Baik”. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada pertemuan 3 menjadi 96,4% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Hasil belajar siswa meningkat pada pertemuan 3 dengan ketuntasan klasikal mencapai92,8%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru terlaksana sangat baik, aktivitas siswa sangat aktif, dan hasil belajar telah mencapai ketuntasan yang ingin dicapai menggunakan kombinasi model Direct Intructions, Cooperative Script, dan Mind Mapping pada mata pelajaran  IPS tema 9 Benda-benda di Sekitar Kita materi Kegiatan Ekonomi yang Ada di Indonesia. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi penggunaan model pembelajaran untuk guru, kepala sekolah dan peneliti selanjutnya pada mata pelajaran IPS tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita materi Kegiatan Ekonomi yang Ada di Indonesia di kelas V.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI