DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Partisipasi Politik Pemilih Pemula Pada Pemilihan Bupati dan Wakil bupati Periode 2015-2020 Di Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:Kukuh Wibowo
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk-bentuk partisipasi politik pemilih pemula pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode 2015-2020 di Kabupaten Tanah Bumbu dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi politik pemula pada pemilihan Bupati dan Wakil bupati periode 2015-2020 di Kabupaten Tanah Bumbu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu bentuk-bentuk partisipasi politik menurut Gabriel A Almond dalam buku Syahrial Syarbaini Sosiologi dan Politik

Metode penelitian ini dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi,wawancara dan dokumentasi, dengan informan ketua KPUD kabupaten Tanah Bumbu, Pemilih pemula, Ketua partai dan pengurus partai politik.

Hasil penelitian bahwa bentuk-bentuk partisipasi politik pemilih pemula pada pemilihan Bupati dan Wakil bupati periode 2015-2020 di kabupaten Tanah Bumbu yaitu sebagai berikut : pertama pemberian suara (voting), daftar hadir yang ada di DPT. Kedua kegiatan kampanye, kegiatan dilakukan oleh pemilih awal karena faktor hiburan, sedangkan untuk memperhatikan  isu kampanye masih minim ketertarikan. Ketiga diskusi politik, bentuk partisipasi yang dilakukan oleh pemilih pemula pada kegiatan ini banyak di lingkungan kerja. Keempat membentuk dan bergabung dalam kelompok kepentingan, kegiatan ini masih sangat minim keterlibatan pemilih pemula hal tersebut di sebabkan oleh kurangnya kepercayaan diri dan masih memandang tingkat sosial ekonomi yang rendah untuk bisa berpartisipasi dalam urusan politik. Kelima komunikasi individual dengan pejabat politik/administratif, ini dilakukan oleh pemilih awal karena adanya arahan untuk memobilisasi hak suara untuk memenangkan pasang calon tertentu dengan kecuranagan yang terstruktur.Faktor yang mempengaruhi partisipasi politik pemilih awal ada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati periode 2015-2020 di Kabupaten Tanah Bumbu adalah anggapan seseorang bahwa partisipasi dalam kehidupan politik merupakan ketidak pastian.

Saran peneliti adalah sebagai berikut : pemilih awal seharusnya lebih percaya diri untuk bisa menunjukkan kemampuan di kehidupan politik dan mehindari diri dari perasaan tidak mau tahu dan tidak peduli dalam urusan politik.Untuk KPUD Tanah Bumbu lebih aktif lagi dalam mensosialisasikan kepada masyarakat dan pemilih pemula dengan mengadakan pertemuan dengan event-event yang bisa memikat masyarakat dan juga kesekolah-sekolah untuk mensosialisasikan pentingnya ikut serta dalam partisipasi pemilihan kepala daerah. Sementara itu pemerintah harus bisa menyusuaikan fasilitas penunjang di dapat  kegiatan pemilih pemula dalam dunia politik, dan juga memberikan pendidikan politik yang di tujukan khusus kepada pemilih awal dapat keinginan pemilih awal untuk ikut serta partisipasi dalam dunia politik.

           

 

Kata kunci : Partisipasi Politik, Pemilih Pemula , Pilkada Bupati dan Wakil Bupati

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI