DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN LAHAN BASAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR KIMIA UNTUK MELATIH LITERASI ILMIAH DAN PENGUASAAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOLOID
PENGARANG:SITI JALEHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model project based learning dengan pemanfaatan lingkungan lahan basah sebagai sumber belajar kimia pada pembelajaran koloid di SMAN 3 Banjarmasin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan literasi ilmiah antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol, (2) perbedaan penguasaan konsep antara peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol (3) respon peserta didik terhadap penerapan model PjBL dengan pemanfaatan lingkungan lahan basah sebagai sumber belajar kimia pada pembelajaran koloid. Penelitian ini menerapkan metode eksperimen semu (quasy experiment) dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI PMIA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI PMIA 1 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan literasi ilmiah yang signifikan antara kelas yang menerapkan model PjBL dengan kelas yang menerapkan model ekspositori di mana harga thitung > ttabel yakni 3,403 > 1,994 (2) terdapat perbedaan penguasaan konsep yang signifikan antara kelas yang menerapkan model PjBL dengan kelas yang menerapkan model ekspositori di mana harga thitung > ttabel yakni 2,413 > 1,994 (3) model pembelajaran PjBL dengan pemanfaatan lingkungan lahan basah mendapat respon positif dari peserta didik. Kesimpulan pada penelitian yaitu, penerapan model PjBL dengan pemanfaatan lingkungan lahan basah sebagai sumber belajar kimia berpengaruh terhadap literasi ilmiah dan penguasaan konsep peserta didik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI