DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENGARUH KINERJA DINAS KEPEMUDAAN DAN OLAHRAGA TERHADAP PRESTASI ATLET CABANG BOLA BASKET KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:Muhammad Ega Ndk
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


 

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji sejauh mana pengaruh Kinerja Dinas Kepemudaan dan olahraga (X) terhadap Prestasi Atlet Basket (Y) Kabupaten Tanah Laut ProvinsiKalimantan Selatan .Dinas Kepemudaan dan Olahraga sebagai instansi yang secara khusus berwenang untuk mengatur, membina dan mengembangkan penyelenggaran olahraga yang meliputi pembinaan bagi atlet atlet potensial. Kinerja Dinas Kepemudaan dan Olahraga akan menentukanperkembangan olahraga untuk membantu para atlet dalam mencapai sebuah prestasi, apabilakinerja organisasi melalui pembinaan dilaksanakan dengan baik maka perkembangan prestasi para atlet  kedepannya juga akan lebih baik.

Metode penelitian ini digunakan dengan cara pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini ditetapkan  sebanyak 40 orang yang terdiri dari staff Dinas Kepemudaan dan Olahraga, para atlet basket Kabupaten Tanah Laut serta pelatih dan official. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner, sedangkan analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan derajat kepercayaan 95%.

Hasil Penelitian dan pengujian didapatkan nilai koefisien regresi sebesar 0,229 dan bernilai positif (+ ) dengan persamaan regresinya adalah Y = 46,168 + 0,229X, nilai thitung­  sebesar 2,368 dan ttabel sebesar 2,024. Hal ini munjukkan bahwa thitung > ttabel ( 2,368 > 2,024 ) yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak, artinya terdapat pengaruh yang siginifikan antara kinerja Dinas Kepemudaan dan Olahraga (X) dengan prestasi atlet basket (Y). Kinerja Dinas Kepemudaan dan Olahraga memberikan kontribusi terhadap prestasi atlet sebesar 84,7%.

Saran yang diberikan penulis adalah ditujukan lebih kepada Dinas Pemuda dan Olahraga agar lebih meningkatkan kinerjanya  sebagai  pelaku utama pelaksanaan pembinaan atlet dan penyediaan fasilitas olahraga yang bertugas menunjang prestasi atletserta memberikan penghargaan yang lebih kepada para atlet.

 

Kata Kunci : Kinerja Organisasi, Prestasi Atlet

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI