DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA KAYANYA NEGERIKU DENGAN MUATAN IPA MELALUI KOMBINASI MODEL GROUP INVESTIGATION (GI), SOMATIC,AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALY (SAVI), DAN SNOWBALL THROWING PADA KELAS IV DI SD KARTIKA V-2 BANJARMASIN
PENGARANG:M ASDAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


ABSTRAK

Masdah (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema Kayanya Negeriku Dengan Muatan IPA Melalui Kombinasi Model Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), Dan SnowballThrowing Pada Kelas IV Di Sd Kartika V-2 Banjarmasin. Skripsi Program Pendidikan Guru Pra Sekolah Dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing: Mohammad Dani Wahyudi, S.Pd.I., M.Pd.

Kata Kunci: AktivitasBelajar Siswa,Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), Dan SnowballThrowing.

Berdasarkan hasil wawancara dengan wali kelas IVB Di SD Kartika V-2 Banjarmasin, diperoleh informasi bahwa siswa kelas tersebut secara umum mengalami permasalahan mengenai aktivitas belajar siswa pada tema 9 kayanya negeriku dengan muatan IPA. Hal tersebut disebabkan oleh siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran dan model pembelajaran yang digunakan cenderung kurang bervariasi. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu melalui dengan kombinasi model Group Investigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), Dan SnowballThrowing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, meningkatkan aktivitas siswa dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Dilaksanakan dalam 4 kali siklus. Subjek penelitian yaitu siswa kelas IV. Jumlah siswa 17 orang terdiri dari 10 orang perempuan dan 7 laki-laki pada semester II tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa dan kuantitatif yang diperoleh melalui tes tertulis secara kelompok dan individu. Analisis data menggunakan Transformative Mixed Metods : descriptive analysis dan cross tabulation analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas aktivitas guru dari siklus I sampai siklus IV meningkat dari persentase 60%, 70%,82,5% sampai 97,5%. Aktivitas siswa dari siklus 1 sampai siklus IV meningkat dengan ketuntasan klasikal dari persentase 41,18% dengan kriteria “Sebangian aktif”, 64,70% dengan kriteria “sebagian besar aktif”, 76,47% dengan kriteria “sebagian besar aktif” sampai 94,11% dengan kriteria “sebagian besar aktif”. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa dari siklus 1 sampai siklus IV meningkat dari persentase 52,94%, 64,70%, 76,47% sampai 94,12%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model GroupInvestigation (GI), Somatic, Auditory, Visualization, Intellectualy (SAVI), Dan SnowballThrowing. dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut sebagai salah satu alternatif dalammeningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI