DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Teori Multiple Intelligences Pada Materi Bioteknologi SMPN
PENGARANG:YUNIDA ULFAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Perkembangan perangkat pembelajaran ini dengan fokus pada pengembangan LKPD yang berbasis Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk). Tujuan dari penelitian adalah menghasilkan perangkat pembelajaran dengan fokus LKPD yang valid, praktis dan efektif.Sampel dalam penelitian ini adalah 40 orang siswa SMPN 26 Banjarmasin kelas IX dan satu orang guru mitra mata pelajaran Biologi. Data yang dihasilkan meliputi data validitas, kepraktisan dan efektivitas. Validitas perangkat pembelajaran meliputi 1) Silabus (93,2%), 2) LKPD(98,9%), 3) RPP (92%),4)bahanajar(86,8%), dan 5) lembar penilaian sangat valid (93,2%). Kepraktisan perangkat pembelajaran yaitu meliputi hasil uji keterbacaan (69,16%), keterlaksanaan RPP (96%) dan keterlaksanaan LKPD (97%). Efektivitas perangkat pembelajaran meliputi hasil belajar kognitif pada uji kelompok kecil yaitu N-gain 0,6 (kategori sedang) dan pada uji kelompok besar yaitu N-gain 0,8 (kategori tinggi). Aspek kedua adalah perkembangan kecerdasan majemuk yang sesuai 1) instrumen checklist menunjukan perkembangan tertinggi pada kecerdasan Logis-Matematis dengan N-gain 0,6. 2) menurut observasi perkembangan tertinggi pada kecerdasan Interpersonal (4,3). 3) melalui LKPD, perkembangan kecerdasan majemuk tertinggi pada kinestetik. 4) melalui tes evaluasi, perkembangan tertinggi pada kecerdasan lingustik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI