DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, GROUP INVESTIGATION (GI), DAN ALAT PERAGA DIAGRAM PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI PARING 2 MARTAPURA
PENGARANG:AHMAD JALADRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Jaladri, Ahmad. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Kombinasi Model Explicit Instruction, Group Investigation, dan Alat Peraga Diagram pada siswa kelas V SDN Sungai Paring 2 Martapura”. Skripsi Program Pendidikan Guru-Prasekolah dan Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sulaiman, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Pengolahan Data dan Penyajian Data, Explicit Instruction, Group Investigation (GI), dan Alat Peraga Diagram.

            Permasalahan yang dialami oleh siswa kelas V SDN Sungai Paring 2 Martapura adalah rendahnya hasil belajar matematikamateri pengolahan dan penyajian data. Penyebabnya adalah dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media dan model pembelajaran, siswa cenderung pasif, pembelajaran tidak dihubungkan dalam kehidupan nyata, pembelajaran matematika masih bersifat satu arah. Oleh karena itu maka dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa materi pengolahan dan penyajian datamenggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Group Investigation(GI), dan Alat Peraga Diagram. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar materi pengolahan dan penyajian data pada siswa kelas V SDN Sungai Paring 2  Martapura.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak empat kali pertemuan.Lokasi penelitian ini adalah di kelas V SDN Sungai Paring 2 Kelurahan Sungai Paring  Kecamatan Martapura Kota Kabupaten Banjar.Sebanyak 20 siswa terdiri dari 11 laki –laki dan 9perempuan.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan tes hasil belajar.Analisis data dilakukan dengan skala persentase dan indikator keberhasilan yang telah guru tetapkan.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Group Investigation (GI), dan Alat Peraga Diagram dapat meningkatkan hasil belajar matematika materipengolahan dan penyajian data pada kelas V SDN Sungai Paring 2 Martapura.

Saran untuk guru agar menggunakan alternatif model Explicit Instruction, Group Investigation(GI), dan Alat Peraga Diagram dalam kegiatan pembelajaran guna meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI