DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS INDEX CARD MATCH PADA MATERI SISTEM KOLOID DI KELAS XI MIA 2 SMA NEGERI 3 BANJARMASIN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
PENGARANG:NURINA SARAYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Telah dilakukan penelitian tentang meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis Index Card Match pada  materi sistem koloid pada peserta didik kelas XI PMIA 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) aktivitas guru; (2) aktivitas peserta didik; (3) kemampuan berpikir kritis; (4) hasil belajar peserta didik; (5) respon peserta didik. Metode dalam penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) bersiklus dengan 2 pertemuan disetiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru mengalami peningkatan dari kategori cukup baik menjadi sangat baik; (2) aktivitas peserta didik mengalami peningkatan dari kategori cukup aktif menjadi sangat aktif; (3) kemampuan berpikir kritis menunjukkan kategori kritis pada siklus I menjadi kategori kritis pada siklus II; (4) terjadi peningkatan hasil belajar pengetahuan secara klasikal dari 64,0% dalam kategori kurang tuntas pada siklus I menjadi 94,0% kategori tuntas pada siklus II peserta didik mencapai ketuntasan diatas 75%, hasil belajar sikap mengalami peningkatan dari kategori cukup baik menjadi baik, hasil belajar keterampilan terjadi peningkatan cukup terampil menjadi terampil; (5) Respon peserta didik dalam pembelajaran menunjukkan dengan kategori baik.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI