DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DESA WALANGKIR KECAMATAN TANTA KABUPATEN TABALONG TAHUN 1950-2017
PENGARANG:Sriwati Herta
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


ABSTRAK

 

Sriwati Herta,(A1A114050).2019. Desa Walangkir,Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong. Skripsi Program Studi Pendidikan Sejarah, Jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat.(Pembimbing I Drs.Hairiyadi, M.Hum. dan Pembimbing II Mansyur,S.Pd.M.Hum)

Penelitian ini diarahkan pada dua aspek utama yaitu (1)sejarah terbentuknya kampung Walangkir (2) Perkembangan kehidupan sosial dan ekonomi Desa Walangkir Kecamatan Tanta Kabupaten Tabalong.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah menurut Sjamsuddin(2007)yang terdiri dari 3 (tiga) tahapan yakni (1) Heuristik: pengumpulan data melalui, penelitian kepustakaan, pengamatan, wawancara dan studi dokumen; (2) Verifikasi yaitu untuk mengkaji keaslian dan kebenaran data yang terdiri dari kritik ekstern (kritik luar) dan kritik intern (kritik dalam), (3) Historiografi (penulisan sejarah) yang terdiri atas: a) penafsiran (interpretasi).

Hasil penelitian menunjukan bahwa: Desa Walangkir  merupakan desa Yang berasal dari nama munangkir, yang di ambil dari nama ketua adat Dayak yang bertinggal di desa Walangkir. Pada tahun 1970 terjadi  pemekaran dari desa mungkur palawan dan Walangkir, dimana terbentuknya desa ini karena seiring perkembangan penduduk yang cukup pesat. Kemudian oleh pemerintah desa dan Lembaga masyarakat desa (LMD) Desa Walangkir berembuk untuk mengadakan pemekaran desa, karena melihat jarak dari pemukiman baru dengan pusat pemerintahan desa yang sudah cukup jauh serta jumlah penduduk yang sudah semakin banyak. Tahun 1975 merupakan tahun persiapan pembentukan desa, dan akhirnya pada tahun1976 secara definitif terbentuklah desa baru yang kemudian diberi Nama  desa Walangkir. Seiring perkembangnya Desa Walangkir Kecamatan Tanta pembangunan terjadi dibeberapa bidangbaik itu pembangunan fasilitas umum maupun sarana dan prasarana yang menjadi kegiatan pembangunan pemerintahan yang menunjang kehidupan ekonomi masyarakat Desa Walangkir.

                                                   

Kata Kunci: Sejarah, Pembentukan Desa, dan Perkembangan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI