DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA TEMA 9 SUBTEMA 2 MUATAN PPKN MATERI PERSATUAN DAN KESATUAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION (GI) DIKOMBINASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DAN COURSE REVIEW HOREY (CRH) PADA SISWA KELAS VA SDN HANDIL BAKTI KABUPATEN BATOLA
PENGARANG:RATNA DEWI SAVITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


Savitri, Ratna Dewi. 2019. ”Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Tema 9 Subtema 2 Muatan PPKn Materi Persatuan dan Kesatuan Menggunakan Model Group Investigation Dikombinasikan dengan Numbered Head Together (NHT) dan  Course Review Horey (CRH). Pada Kelas VA SDN Handil Bakti Kabupaten Batola”. Skripsi Program Pendidikan Guru PraSekolah dan Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. DosenPembimbing: Drs. Sutiyarso, S.Pd, M.Pd.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Materi Persatuan dan Kesatuan, GI, NHT, CRH.

Aktivitas belajar siswa masih belum mampu berpikir kritis, kurang berpartisipasi, dan cenderung pasif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diberikan inovasi pembelajaran dengan mengombinasikan model pembelajaran Group Investigation, Numbered Head Together dan Course Review Horey. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaannya aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model tersebut.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Teknik analisis data berupa kualitatif  dan kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini jika aktivitas guru mencapai 26 - 32 dengan kategori Sangat Baik, aktivitas siswa ≥80% termasuk kriteria sangat aktif, serta hasil belajar siswa mencapai ketuntasan klasikal ≥80%.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan aktivitas guru memperoleh 32 dengan kriteria “Sangat Baik”. Peningkatan aktivitas siswa pada pertemuan 4 memperoleh 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”.Ketuntasan klasikal hasil belajar siswameningkat 100% pada Pertemuan 4.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Group Investigation, Numbered Head Together dan Course Review Horey dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Maka disarankan kepada guru agar model pembelajaran tersebut bisa dijadikan alternatif dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI