DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Gaya Kepemimpinan Lurah Kumai Hulu
PENGARANG:UTIN ERLIN APRIAMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-21


ABSTRAK

Utin Erlin Apriaman D1B115081 Gaya Kepemimpinan Lurah Kelurahan Kumai Hulu Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat. Dibimbing oleh Bapak Samahuddin selaku dosen pembimbing satu dan bapak Jamaluddin selaku dosen pembimbing dua.

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan  Gaya Kepemimpinan Lurah Kelurahan Kumai Hulu Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat.

Dalam penelitian ini menggukan pendekatan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Sumber data dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. 

Hasil penelitian dapat diketahui bahwa Gaya Kepemimpinan Lurah di Kelurahan Kumai Hulu Kecamatan Kumai Kotawaringin Barat cenderung menggunakan gaya kepemimpinan demokratis. Gaya kepemimpinan memiliki tiga tipe yaitu Demokratis, otoriter dan laissez faire. Demokratis adalah pemimpinan yang sifatnya musyawarah. Otoriter adalah kepemimpinan yang selalu mengandalkan diri sendiri. Sedangkan Laissez faire ialah kepemimpinan yng selalu dilakukan secara individu dan penuh kebebasan. Gaya kepemimpinan demokratis diterapkan kepala Kelurahan Kumai dalam memimpin, hal tersebut dilihat dari ciri- ciri yang diterapkan oleh kepala kelurahan kumai hulu dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai kepala kelurahan. Kepala kelurahan Kumai Hulu tidak menggunakan gaya kepemimpinan otoriter/ otokrasi dimana pimpinan merupakan satu- satunya penentu dan sebagai orang yang memegang kendali penuh atas bawahan dan organisasi yang dipimpinnya. Serta Kepala Kelurahan juga tidak menggunakan gaya kepemimpinan kendali bebas. 

Disarankan oleh peneliti: (1) kepada kepala Kelurahan Kumai Hulu agar meningkatkan gaya kepemimpinnya yang demokratis, (2) kepada para pegawai Kelurahan Kumai Hulu agar meningkatkan kinerjanya.

 

Kata Kunci : Gaya kepemimpinan, Demokratis, Otoriter, Laissez Faire, Lurah.  

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI