DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS 4 TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MUATAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), THINK PAIR SHARE(TPS) DAN MAKE A MATCH DI SDN SUNGAI MIAI 1 BANJARMASIN
PENGARANG:RAHMIATI RAMADHAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


Ramadhan,Rahmiati. 2019. Meningkatan Aktivitas Belajar Tema Daerah Tempat Tinggalku Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) dan Make A Match di Kelas 4 SDN Sungai Miai 1. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr.Sulistiyana,S.Pd, M.Pd

 

Kata Kunci: Aktivitas Belajar. Group Investigation, Think Pair Share, Make A Match

 

Permasalahan penelitian ini adalah kurangnya aktivitas siswa, tidak adanya interaksi antara siswa sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini disebabkan model yang digunakan kurang inovatif. Upaya menyelesaikan masalah tersebut diatas dilakukan melalui kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) dan Make A Match. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajarsiswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 semester genap SDN Sungai Miai 1 Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari skor 34 hingga 44. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 69,23% hingga 100% (klasikal). Hasil belajar aspek kognitif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 61,54% hingga 100% (klasikal), aspek afektif pada pertemuan 1 sampai 4 meningkat dari 65,38% hingga 100% (klasikal), aspek psikomotorik dari pertemuan 1 sampai IV meningkat dari 65,38% - 100% (klasikal).

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI) dikombinasikan dengan Think Pair Share (TPS) dan Make A Match dapat meningkatkan aktivitas belajar sehingga hipotesis dapat diterima. Untuk itu disarankan model tersebut dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI