DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITASDAN HASIL BELAJAR SISWA MATERITEMA KAYA NEGERIKUMENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL THINK PAIR AND SHARE (TPS), MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORRAY (CRH) PADA SISWA KELAS IV SDN PEMAKUAN KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:HELDA AULIA FITRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa yang berdampak pada hasil belajar yang rendah pada siswa kelas IV SDN Pemakuan Kabupaten Banjar pada materi tema kaya negeriku yang masih berada di bawah KKM yaitu 65. Rendahnya hasil belajar siswa ini disebabkan siswa kurang aktif karena proses pembelajaran bersifat satu arah, materi terlalu panjang dan berbelit-belit, serta kurang menyenangkan karena proses pembelajaran yang kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar  dalam pembelajaran pada materi tema kaya negeriku menggunakan kombinasi model pembelajaran Think Pair Share (TPS), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH).

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genapSDN Pemakuan Kabupaten Banjartahun pelajaran 2018/2019 dengan jumlah siswa sebanyak  24orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis secara individu. Hasil analisis data menggunakan teknik deskriptif analisis data dan cross tabulasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 hanya memperoleh skor 22 dengan kategori baik, pada pertemuan 4 mencapai skor 31 dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1sebesar 33,33% dengan kategori cukup aktif, pada pertemuan 4 mencapai persentase 95,83% dengan kategori sangat aktif. Hasil Belajar siswasecara klasikal pada pertemuan 1 mencapai41,67% dan pada pertemuan 4 mencapai91,67%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dengan menggunakan kombinasi model Think Pair Share (TPS), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH). Sehingga kombinasi model Think Pair Share (TPS), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) dapat disarankan bagi guru sebagai bahan masukan dan pertimbangan dalam memilih model pembelajaran, bagi kepala sekolah sebagai bahan masukan serta arahan dalam membina guru dan bagi peneliti lain agar dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebaik-baiknya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI