DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | ANALISIS USAHA PEMBENIHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI BALAI BENIH IKAN CUKAN LIPAI KECAMATAN BATANG ALAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN | |
PENGARANG | : | REZKIANA AULIA | |
PENERBIT | : | FAKULTAS PERIKANAN | |
TANGGAL | : | 2018-01-17 |
Kalimantan Selatan”, di bawah bimbingan Bapak Ir. Tarmaji Antowijoyo, MP selaku
ketua pembimbing dan Ibu Tri Dekayanti, S.Pi, MP selaku anggota pembimbing Skripsi
yang dilaksanakan dari bulan Maret - November 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis keuntungan dari usaha pembenihan ikan Nila, menganalisis kelayakan usaha pembenihan ikan Nila dan Menganalisis saluran
pemasaran benih ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Balai Benih Ikan Cukan Lipai
Kabupaten Hulu Sungai Tengah.
Hasil penelitian mengenai Analisis Keuntungan, Kelayakan Usaha dan Saluran pemasaran pembenihan ikan nila di Balai Benih Ikan Cukan Lipai adalah sebagai berikut:
Usaha pembenihan ikan Nila (Oreochromis niloticus) di BBI Cukan Lipai dengan
biaya investasi Rp. 513.500.000,00, biaya tetap adalah Rp. 63.900.000,00 sedangkan biaya variabel atau tidak tetap adalah Rp. 44.115.000,00 per tahun atau 3 kali siklus pembenihan. Total biaya pada usaha pembenihan ikan nila adalah sebesar Rp 108.015.000,00. Pendapatan kotor yang diperoleh BBI Cukan Lipai pada usaha pembenihan ikan nila dalam 1 tahun adalah sebesar Rp. 391.500.000,00. Berdasarkan hal tersebut usaha pembenihan ikan nila di BBI Cukan Lipai menghasilkan
keuntungan (profit) sebesar Rp 283.485.000,00 per tahun.
Berdasarkan analisis kelayakan usaha R/C penjualan benih ikan Nila (Oreochromis
niloticus) di BBI Cukan Lipai layak untuk dikembangkan. Pada usaha pembenihan
ikan nilai ini nilai R/C > 1 yaitu 3,6 dengan pengertian jika pada setiap modal yang dikeluarkan Rp 100,00 maka keuntungan yang dihasilkan adalah Rp 360,00.
Terdapat dua pola saluran pemasaran di BBI Cukan Lipai, yaitu jenis saluran
pemasaran langsung dan saluran pemasaran semi langsung.
Produsen – Konsumen Akhir
Produsen – Pedagang Besar – Konsumen Akhir
Dari kedua pola tersebut dimulai dari produsen yaitu BBI Cukan Lipai. Pada pola pertama produsen atau BBI Cukan Lipai langsung menjual benih ikan nila ke konsumen akhir atau ke pembudidaya. Sedangkan di pola saluran kedua dari produsen atau BBI Cukan Lipai melalui satu perantara yaitu pedagang besar yang menjual secara ecer benih ikan nila ke konsumen akhir. Kedua jenih saluran tersebut konsumen
akhir atau pedagang besar langsung datang ke BBI Cukan Lipai untuk mengambil benih yang ingin dibeli.
NO | DOWNLOAD LINK |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI