DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS USAHA PEMBENIHAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI BALAI BENIH IKAN CUKAN LIPAI KECAMATAN BATANG ALAI SELATAN KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:REZKIANA AULIA
PENERBIT:FAKULTAS PERIKANAN
TANGGAL:2018-01-17


Kalimantan Selatan”, di bawah bimbingan Bapak Ir. Tarmaji Antowijoyo, MP selaku 

ketua pembimbing dan Ibu Tri Dekayanti, S.Pi, MP selaku anggota pembimbing Skripsi 

yang dilaksanakan dari bulan Maret - November 2017. 

Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisis keuntungan dari usaha pembenihan ikan Nila, menganalisis kelayakan usaha pembenihan ikan Nila dan Menganalisis saluran 

pemasaran benih ikan Nila (Oreochromis niloticus) di Balai Benih Ikan Cukan Lipai 

Kabupaten Hulu Sungai Tengah. 

Hasil penelitian mengenai Analisis Keuntungan, Kelayakan Usaha dan Saluran pemasaran pembenihan ikan nila di Balai Benih Ikan Cukan Lipai adalah sebagai berikut: 

 Usaha pembenihan ikan Nila (Oreochromis niloticus) di BBI Cukan Lipai dengan 

biaya investasi  Rp. 513.500.000,00, biaya tetap adalah Rp. 63.900.000,00 sedangkan biaya variabel atau tidak tetap adalah Rp. 44.115.000,00 per tahun atau 3 kali siklus pembenihan.  Total  biaya  pada  usaha  pembenihan  ikan  nila  adalah  sebesar  Rp 108.015.000,00. Pendapatan kotor yang diperoleh BBI Cukan Lipai pada usaha pembenihan ikan nila dalam 1 tahun adalah sebesar Rp. 391.500.000,00. Berdasarkan hal  tersebut  usaha  pembenihan  ikan  nila  di  BBI  Cukan  Lipai  menghasilkan 

keuntungan (profit) sebesar Rp 283.485.000,00 per tahun. 

 Berdasarkan analisis kelayakan usaha R/C penjualan benih ikan Nila (Oreochromis 

niloticus) di BBI Cukan Lipai layak untuk dikembangkan. Pada usaha pembenihan 

ikan nilai ini nilai R/C > 1 yaitu 3,6 dengan pengertian jika pada setiap modal yang dikeluarkan Rp 100,00 maka keuntungan yang dihasilkan adalah Rp 360,00. 

 Terdapat  dua  pola  saluran  pemasaran  di  BBI  Cukan  Lipai,  yaitu  jenis  saluran 

pemasaran langsung dan saluran pemasaran semi langsung.  

 Produsen – Konsumen Akhir 

 Produsen – Pedagang Besar – Konsumen Akhir 

Dari kedua pola tersebut dimulai dari produsen yaitu BBI Cukan Lipai. Pada pola pertama  produsen  atau  BBI  Cukan  Lipai  langsung  menjual  benih  ikan  nila  ke konsumen akhir atau ke pembudidaya. Sedangkan di pola saluran kedua dari produsen atau BBI Cukan Lipai melalui satu perantara yaitu pedagang besar yang menjual secara ecer benih ikan nila ke konsumen akhir. Kedua jenih saluran tersebut konsumen 

 

 akhir atau pedagang besar langsung datang ke BBI Cukan Lipai untuk mengambil benih yang ingin dibeli.  

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI