DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENIGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PPKn TEMA 8 DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL DIRECT INTRUCTION (DI), GROUP INVESTIGATION (GI), DAN MIND MAPPING DIKELAS IVA SDN INDRASARI 2 MARTAPURA KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:FITRI INDAH PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


ABSTRAK

Indah, pratiwi Fitri. 2019. “Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran PPKn Tema 8 Daerah Tempat Tinggalku Menggunakan Kombinasi (DI), (GI), and Mind Mapping dikelas IV A SDN Indrasari 2 Martapura Kabupaten Banjar”. Thesis S1 Elementary School Education Program. Primary School Faculty Teacher Education. University Lambung Mangkurat Banjarmasin. Adviser Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Bapak Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd

Kata Kunci : aktivitas belajar, hasil belajar, PPKn, Keberagaman Karakteristik Individu, kombinasi model Direct Intruction(DI),Group Investigation(GI),and Mind Mapping, SDN Indrasari 2 Martapura, kelas IV

Aktivitas dan hasil belajar siswa materi Keberagaman Karakteristik Individu di kelas IV SDN Indrasari 2 Martapura dinyatakan masih rendah, hal ini dikarenakan siswa tidak berpikir kritis dalam proses pembelajaran, cenderung pasif, kurangnya pemecahan masalah secara mandiri, dan hanya mencatat materi yang disampaikan tanpa memahami materi tersebut. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka digunakanlah kombinasi model (DI), (GI),and Mind Mapping yang diharapkan siswa mampu berpikir kritis, aktif, mau memecahkan masalah secara mandiri, dan memahami materi yang diajarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SDN Indrasari 2 Martapura dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri dari 10 siswa dan 15 siswi. Analisis data diperoleh berdasarkan analisis kualitatif dari data hasil observasi aktivitas guru dan siswa serta data kuantitatif yang diperoleh dari data hasil belajar. Indikator keberhasilan klasikal yang diharapkan adalah ≥ 80% dan KKM ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 memperoleh skor 17 kategori Cukup baik, pertemuan 2 memproleh skor 18 katagori cukup baik,pada pertemuan 3 mmperoleh skor 20 kriteria cukup baik,sampai pada pertemuan 4 memperoleh skor 28 kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga selalu mengalami peningkatan, terlihat pada pertemuan 1 memperoleh 40%, pertemuan 2 memperoleh 44%, pertemuan 3 memperoleh 73%, dan pertemuan 4 menjadi 80%. Untuk hasil belajar siswa juga demikian, pada evaluasi pertemuan 1 ketuntasan klasikal 28%, pertemuan 2 ketuntasan klasikal 44%, pertemuan 3 ketuntasan klasikal 63%, dan kemudian meningkat hingga pertemuan 4 dengan ketuntasan klasikal 80%.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa menggunakan kombinasi model (DI), (GI),and Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Disarankan kepada para guru agar dapat diterapkan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pembelajaran PPKn sehingga dapat memicu motivasi dan inovasi dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI