DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MENGGUNAKAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENTS DIVISIONS (STAD) DI KOMBINASIKAN DENGAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) DAN SNOWBALL THROWING SISWA KELAS IV SDN CINDAI ALUS 1 MARTAPURA
PENGARANG:AVEDA YULIYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


ABSTRAK

 

Yuliyanti,Aveda.2018.“Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Menggunakan Model Student Teams Achivements Divisions (STAD) dikombinasikan dengan Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing Siswa Kelas IV SDN Cindai Alus1 Martapura”.Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd, M.Pd.

 

Kata kunci:  Aktivitas Belajar, Bangun Ruang, Student Teams Achivements Divisions (STAD) Dikombinasikan dengan Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing .

 

Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar matematika Materi Bangun Ruang. Faktor penyebab adalah siswa kesulitan dalam memahami materi bangun ruang serta kurang telitinya siswa dalam pengerjaan mengakibatkan siswa kerap mendapat nilai yang rendah. pemecahan permasalahan ini menggunakan model pembelajaran Student Teams Achivements Divisions (STAD) dikombinasikan dengan Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, menganalisis aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Tindakan dilaksanakan tiga pertemuan, subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Cindai Alus 1 tahun 2018/2019 semester 1 dengan jumlah siswa 33 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Data kuantitatif diperoleh melalui hasil belajar siswa melalui tes. Indikator keberhasilan aktivitas guru berhasil  berada pada kategori “sangat baik”, dan aktivitas siswa secara klasikal berada pada kategori “sangat aktif” , siswa dianggap tuntas secara klasikal mancapai ≥82% dari keseluruhan siswa yang mendapat nilai ≥70.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru berhasil dengan kategori “sangat baik” dengan persentase 96,87%, aktivitas siswa juga dinyatakan berhasil dengan kategori “sangat aktif” dengan persentase 100% siswa berada pada kategori “aktif” dan “sangat aktif” dan ketuntasan hasil belajar secara klasikal dinyatakan berhasil dengan persentase 87,87% dari jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥70.

Berdasarkan hasil penelitian ini adalah aktivitas belajar siswa materi bangun ruang menggunakan model Student Teams Achivements Divisions (STAD) dikombinasikan dengan Team Assisted Individualization (TAI) dan Snowball Throwing kelas IV SDN Cindai Alus 1 dapat meningkatkan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa dan hipotesis dapat diterima. Disarankan untuk peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI