DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MUATAN PKN TEMA 9 SUB TEMA 3 MATERI PELESTARIAN KEKAYAAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM SOLVING DIKOMBINASIKAN DENGAN MODELSTUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD)DAN SCRAMBLE PADA KELAS IV SDN SUNGAI GAMPA I KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:SUPINAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


Permasalahan dalam penelitian ini adalah Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Karena baru menggunakan kurikulum 2013 siswakurangaktifdankurangtermotivasidalambelajarkhususnyapembelajaranPPKn, siswajugamasihpasifdalampembelajarankurikulum 2013, siswamerasabosansaatpembelajaran belum terlatih dalam menggali informasi melalui pertanyaan, hanya mengandalkan informasi yang tersedia di buku dan menunggu arahan dari guru dalam memecahkan masalah sehinggamengakibatkanrendahnya hasil belajar siswa kelas IV SDN Sungai Gampa1muatanPPKn. Salah satu upaya meningkatkan HasilBelajar siswa yaitu melaluikombinasi model pembelajaran Problem Solving di kombinasikandengan Student Teams Achivement (STAD) DAN Scramble. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkanAktivitas belajar siswa.

Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK),yang dilaksanakan dengan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV semester genap SDN Sungai Gampa1 Barito Kuala tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah siswa sebanyak  18 siswa terdiri dari 10 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan.Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Data yang digunakan berupa hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung serta hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis diakhir pembelajaran.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai kriteria baik, pertemuan 2 mencapai kriteria baik, pertemuan 3 mencapai kriteria sangat baik, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada pertemuan 1 mencapai kriteria cukup aktif, pertemuan 2 mencapai kriteria aktif, pertemuan 3 mencapai kritria aktif, dan pertemuan 4 mencapai kriteria sangat aktif. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 59%, pertemuan 2 mencapai 63%, pertemuan 3 mencapai 68%, dan pertemuan 4 mencapai 90%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Problem Solving dikombinasikandengan model Student Teams Achivementdan Scrambledapat meningkatkan aktivitas belajar siswa Muatan PPKn pada Tema Kayanya Negeriku di kelas IV SDN Sungai Gampa 1 Barito Kuala dan hipotesis dapat diterima. Disarankan memperbaiki kemampuan guru dalam melakukan inovasi pembelajaran sehingga siswa bisa terlibat secara aktif dalam pembelajaran.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI