DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI BENDA DAN SIFATNYA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE, EXAMPLE NON EXAMPLE DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS V SDN SUNGAI BILU 3 BANJARMASIN
PENGARANG:DELLY DAMAYANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


ABSTRAK

Damayanti, Delly. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Materi Benda dan Sifatnya menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Think Pair and Share, Example non Example dan Make a Match pada Siswa kelas V SDN Sungai Bilu 3 Banjamasin. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan. Program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi, M.Pd

 

Kata Kunci: Think Pair and Share (TPS), example non example, make a match

 

Pembelajaran IPA materi benda dan sifatnya di SDN Sungai Bilu 3 Banjarmasin masih di bawah KKM individu yaitu 70. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran think pair and share, example non example dan make a match. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran  dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share, example non example dan make a matchdan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sungai Bilu 3 Banjarmasin dengan menggunakan model pembelajaran think pair and share, example non example dan make a macth.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas.Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Sungai Bilu 3 Banjarmasin yang berjumlah 16 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan belajar individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru meningkat dengan kriteria sangat baik. (2)Aktivitas siswa secara klasikal dan individual dalam pembelajaran meningkat menjadi mayoritas sangat aktif.(3) Pembelajaran IPA dengan menggunaka model pembelajaran think pair and share, example non example dan make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kesimpulan  penelitian ini bahwa aktivitas guru dalam mengimplementasikan langkah-langkah model pembelajaran think pair and share, example non example dan make a match sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan ktiteria sangat baik. Aktivitas siswa baik klasikal maupun individual sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan baik klasikal maupun individual. Diharapkan kepada guru untuk menjadikan model pembelajaran think pair and share, example non example dan make a match  ini sebagai alternatif dalam melaksanakan pembelajaran untuk materi lainnya sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Kepala Sekolah perlu mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan khususnya di SDN Sungai Bilu 3 Banjarmasin dengan mengoptimalkan penggunaan media, strategi dan pendekatan yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Kepada peneliti, hasil penelitian diharapkan dapat mengembangkan penelitian dengan pembelajaran menggunakan model gabungan seperti ini. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI