DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI TEMA EKOSISTEM SUB TEMA KESEIMBANGAN EKOSISTEM MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI), EXAMPLE NON EXAMPLE DAN WORD SQUARE PADA SISWA KELAS V SDN SN PASAR LAMA 3 BANJARMASIN
PENGARANG:NOVA MELA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


ABSTRAK

Mela, Nova. 2019.Meningkatkan Hasil Belajar pada Materi Tema Ekosistem Sub Tema Keseimbangan Ekosistem menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI), Example non Example, dan Word Square pada Siswa Kelas V SDN SN Pasar Lama 3 Banjarmasin. Skripsi Jurusan Ilmu Pendidikan. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing Dr. Novitawati, S.Psi, M.Pd

 Kata Kunci: Group Investigation (GI), Example non Example, Word Square

 Pembelajaran kurikulum 2013 kelas V tema ekosistem di SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin masih di bawah KKM individu yaitu >70.Hal ini disebabkan aktivits siswa kurang, siswa tidak terlibat langsung dalam pembelajaran, pembelajaran berusat pada guru (teacher centered), model atau metode masih kurang bervariatif. Untuk itu perlu diatasi dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Example non Example, dan Word Square. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan siswa dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin dengan menggunakan kombiasi model pembelajaran Group Investigation (GI), Example non Example, dan Word Square.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas.Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Pasar Lama 3 Banjarmasin yang berjumlah 24 orang siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Data dianalisis dengan indikator keberhasilan yaitu peningkatan aktivitas guru dan siswa, serta tercapainya ketuntasan hasil belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas pembelajaran oleh guru terlaksana dengan kriteria sangat baik. (2)Aktivitas siswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan menjadi mayoritas sangat aktif. Secara klasikal dari 6 aspek yang diamati juga rata-rata meningkat.(3) Pembelajaran dengan menggunaka model pembelajaran Group Investigation (GI), Example non Example, dan Word Square dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kesimpulan  penelitian ini bahwa aktivitas guru dalam mengimplementasikan langkah-langkah model pembelajaran Group Investigation (GI), Example non Example, dan Word Square sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa baik klasikal maupun individual sudah memenuhi indikator keberhasilan dengan kategori sangat aktif. Hasil belajar siswa sudah memenuhi kriteria ketuntasan yang ditetapkan baik klasikal maupun individual.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI