DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN PPKn TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS IV GROUP INVESTIGATION (GI), TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT), DAN SCRAMBLE PADA SISWA KELAS IV SDN ANJIR SEBERANG PASAR II.1 KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:REGITA MIDYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


Permasalahan yang terjadi di SDN Anjir Seberang Pasar II.1 pada siswa kelas IV adalah siswa mengalami kesulitan dalam memahami pelajaran pkn pada materi tematik daerah tempat tinggalku. Penyebabnya adalah kurangnya motivasi dalam belajar, siswa yang pasif dan siswa kurang banyak memberikan kontribusi, ide, pendapat selama proses pembelajaran. Permasalahan inilah yang mengakibatkan nilai hasil belajar siswa berada di bawah KKM yang telah ditetapkan. Jika masalah ini tidak segera dicari solusinya maka akan berdampak negatif pada nilai siswa yang mungkin akan terus menurun. Oleh karena itu, perlu dilakukan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu menggunakan modelGroup Investigation, Teams Games Tournament dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil menganalisis hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik daerah tempat tinggalku  pada siswa kelas IV SDN Anjir Seberang Pasar II.1

 

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Setting penelitian adalah kelas IV SDN Anjir Seberang Pasar II.1  dengan jumlah siswa 12 orang, terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengambilan data menggunakan observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan test tertulis diakhir pembelajaran. Indikator keberhasilan aktivitas guru mencapai dan skor aktivitas siswa ≥30secara klasikal mencapai dan ≥76%hasil evaluasi belajar siswa dinyatakan berhasil apabila mencapai nilai 70 dan secara klasikal sekurang-kurangnya 80%.

 

Hasil penelitian menggunakan modelGroup Investigation, Teams Games Tournament dan Scramble., dapat disimpulkan aktivitas guru dianggap berhasil dengankriteria sangat baik. Aktivitas siswa berdasarkan hasil keseluruhan berhasil dengan kriteria sangat aktif. Sedangkan untuk hasil belajar siswa secara keseluruhan juga telah terjadi peningkatan.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru-guru di sekolah dasar dapat menggunakan model Group Investigation, Teams Games Tournament dan Scramble.sebagai upaya memperbaiki proses pembelajaran dan peningkatan kualitaspembelajaran di sekolah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI