DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI MEDIA ROPE BOX DI SDLB YPLB BANJARMASIN
PENGARANG:M. ABDURRAHMAN ALGHAFIKI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


Alghafiki, M.Abdurrahman NIM A1F115211 “MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI MEDIA ROPE BOX DI SDLB YPLB BANJARMASIN”. Skripsi . Program Studi Pendidikan Khusus Jurusan Ilmu Pendidikan. FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (di bawah bimbingan Bapak Agus Pratomo Andi W., M.Pd, sebagai pembimbing I dan Bapak Sihadi, M.Pd sebagai pembimbing II)

Kata Kunci: Motorik halus, Media rope box, Anak Tunagrahita Ringan

            Permasalahan yang terjadi pada siswa tunagrahita ringan kelas III SDLB YPLB Banjarmasin adalah mengalami hambatan dalam motorik halus.

            Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan statistic deskriptif dalam bentuk diagram batang. Untuk mengetahui pengaruh media rope box dalam motorik halus pada siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB YPLB Banjarmasin menggunakan rumus rata-rata (Mean) data tunggal.

            Pada Baseline 1 anak mendapatkan nilai 70-55, pada tahap intervensi anak mendapatkan nilai 50-80 adanya peningkatan setelah menggunakan media rope box, dan pada baseline 2 mendapatkan nilai 80-90.Hasil test menunjukkan motorik halus pada siswa tunagrahita ringan kelas III di SDLB YPLB Banjarmasin mengalami peningkatan dengan menggunakan media rope box.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI