DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN ASPEK BAHASA ANAK DALAM MENJAWAB PERTANYAAN YANG KOMPLEKS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL PROBING PRONTING, MODEL TAKE AND GIVE, DAN MODEL TALKING STICK PADA ANAK KELOMPOK B TK KEMALA SUNGAI PITUNG BARITO KUALA
PENGARANG:SHELEN NIVI ANGGRAINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


ABSTRAK

Anggraini, Shelen Nivi. 2019 “Mengembangkan Kemampuan Aspek Bahasa Anak Dalam Menjawab Pertanyaan Yang Kompleks Menggunakan Kombinasi Model Probing Pronting, Model take And Give, Dan Model Talking Stick Pada Anak Kelompok B Tk Kemala Sungai Pitung Barito Kuala “. Skripsi Program S-1 Pendidikan Guru Prasekolah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah,M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Bahasa, Probing Pronting, Take And Give, dan Talking Stick

            Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan aspek bahasa anak dalam menjawab pertanyaan yang kompleks. Penyebabnya kurangnya stimulus anak, kurangnya menarik perhatian anak pada saat pembelajaran berlangsung, dan kurangnya memberi kesempatan anak untuk bertanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, anak dan capaian perkembangan dalam aspek bahasa anak dalam menjawab pertanyaan yang kompleks. Untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan kombinasi model pembelajaran Probing Pronting,Take and Give,dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pengajaran guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan anak.

Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan penelitian kualitatif  yang dirancang dalam 4 kali pertemuan, dimana jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini merupakan anak kelompok  B TK Kemala Sungai Pitung Barito Kuala yang berjumlah 16 orang anak. Jenis data menggunakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Cara menggumpulkan data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan guru mencapai  ≥ 24 dengan kategori “Sangat Baik”, aktivitas anak mencapai  ≥ 76% dengan kategori “Sangat Aktif”, dan hasil perkembangan anak mendapat bintang êêêê (Berkembang Sangat Baik).  

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi model Probing Pronting, Model take And Give, danModel Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas guru memperoleh  skor 16 meningkat menjadi skor 27 pada pertemuan 4 dengan kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas anak memperoleh 43,75% berkembang pada pertemuan 4 memperoleh nilai 93,75% dengan kriteria “Sangat Aktif”, dan pada hasil pencapaian perkembangan kemampuan aspek bahasa anak menjawab pertanyaan yang kompleks 16 anak memperoleh bintang êêêê (Berkembang Sangat Baik) dengan persentase 100%.                   

Berdasarkan hasil penelitian bahwa hipotesis yang berbunyi“jadi  menggunakan kombinasi model Probing Pronting, Model take And Give, danModel Talking Stick pada anak kelompok B TK Kemala Sungai Pitung Barito Kuala “ dapat diterima dengan ini, diharapkan agar guru dapat menggunakan sebagai upaya dalam melakukan perbaikan dan pengembangan aspek bahasa dalam kemampuan Aspek Bahasa Anak Dalam Menjawab Pertanyaan Yang Kompleks.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI