DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PERUBAHAN DAUR HIDUP HEWAN MELALUI KOMBINASI MODEL PICTURE AND PICTURE DAN GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS 4 SDN DESA BARU 1 KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:RATMINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


ABSTRAK

 

Ratmini. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perubahan Daur Hidup Hewan Melalui Kombinasi Model Picture and Picture dan Group Investigation Pada Siswa Kelas 4 SDN Desa Baru 1 Kabupaten BanjarSkripsi Guru Sekolah Dasar. Jurusan Ilmu Pendidikan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : Dr. Hj. Darmiyati, M.Pd

 

Kata Kunci : Hasil Belajar, Daur Hidup Hewan, Picture and Picture dan Group Investigation

 

Rendahnya hasil belajar IPA pada materi Daur Hidup Hewan disebabkan karena siswa siswa kurang memahami materi tersebut, masih banyak siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pelajaran, siswa merasa jenuh yang pada akhirnya siswa tidak mampu mengerjakan soal tentang materi daur hidup hewan secara benar yang mengakibatkan rendahnya nilai prestasi belajar siswa. Oleh karena itu, perlu ditambahkan suatu inovasi dalam pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada materi Daur Hidup Hewandengan menggunakan model pembelajaran Picture and Picture dan Group Investigation (GI).

Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran serta membantu memberdayakan guru dalam memecahkan masalah pembelajaran disekolah. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan setting penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Desa Baru 1. Dengan jumlah siswa 17 orang, 7 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik evaluasi beruapa analisis deskriptif dengan croos tabel.

Berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan model pembelajaran model Picture and Picture dan Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru SDN Desa Baru 1telah terlaksana sesuai dengan harapan dan telah mencapai kriteria “Sangat Baik”. Aktivitas siswa meningkat pada setiap siklusnya dan mencapai kategori “Sangat Aktif”. Hasil belajar telah mencapai ketuntasan yang diinginkan baik secara individu maupun klasikal

Berdasarkan temuan hasil penelitian ini, disarankan kepada para guru khususnya mata pelajaran IPA dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan untuk menggunakan model-model pembelajaran Picture and Picture dan Group Investigation (GI) untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami pembelajaraan IPA.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI