DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MUATAN IPS MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL JIGSAW, MIND MAPPING DAN COURSE REVIEW HORAY (CRH) PADA KELAS V A SDN KELAYAN BARAT 3 BANJARMASIN
PENGARANG:TAUFIK QURAHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-22


ABSTRAK

 

Qurahman, Taufik. 2019.“ Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Tema Lingkungan Sahabat Kita Muatan IPS Menggunakan Kombinasi Model Jigsaw,  Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH )  Pada  Kelas V A SDN  Kelayan Barat 3 Banjarmasin”. Skripsi Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing: Dr. H. Metroyadi, SH, M.Pd.

Kata Kunci : Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Jigsaw, Mind Mapping, 

    dan Course Riniew Horay.

Permasalahan dalam penelitian ini ialah rendahnya aktivitas belajar siswa, dimana siswa masih belum mampu berpikir kritis, kurang berpartisipasi, dan kurang terampil dalam memecahkan masalah. Hal ini dikarenakan pembelajaran masih bersifat konvensional dan masih bersifat satu arah, sehingga hasil belajar siswa masih di bawah KKM yang telah ditetapkan, yaitu 70. Oleh karena itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran dengan solusi menggunakan kombinasi model pembelajaran Jigsaw,  Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH )  dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis hasil belajar.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitan Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam sebanyak 4 kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V A SDN Kelayan Barat 3  Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang. Data dianalisis secara kualitatif, yaitu aktivitas guru dan aktivitas siswa, dan secara kuantitatif, yaitu hasil belajar siswa. Data dihasilkan dari lembar instrumen lembar observasi dan tes hasil belajar, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif dan digambarkan dalam bentuk tabel dan grafik, selanjutnya diinterpretasikan dengan menggunakan kriteria pada masing-masing indikator keberhasilan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta ptercapainya ketuntasan belajar siswa secara individual dan klasikal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pertemuan 1 memperoleh skor 22 kriteria “ Cukup Baik”, meningkat pada pertemuan 4 menjadi 37 dengan kriteria “Sangat Baik”.  Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan pada pertemuan 1 memperoleh 54% dengan kriteria “Cukup Aktif” dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100% dengan kriteria “Sangat Aktif”. Begitu pula pada hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 46% dan meningkat pada pertemuan 4 menjadi 100%.  

Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disimpulkan bahwa terjadi peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar. Adapun saran bagi guru, kepala sekolah, dan peneliti lain agar dapat menjadikan hasil dari penelitian ini sebagai acuan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI