DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | PENGARUH PERUBAHAN DIAMETER LUBANG BOR TERHADAP DAYA DUKUNG BORED PILE PROYEK JEMBATAN PULAU BALANG BALIKPAPAN | |
PENGARANG | : | MUHAMMAD AN AL MARWAJI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2019-11-22 |
ABSTRAK
PENGARUH PERUBAHAN DIAMETER LUBANG BOR TERHADAP DAYA DUKUNG BORED PILE PADA PROYEK JEMBATAN PULAU BALANG-
BALIK PAPAN
Muhaammad An Al Marwaji
NIM H2A514008
Dr. Ing. Yulian Firmana Arifin ST. MT.
Pembangunan Jembatan Pulau Balang yang melintasi teluk Balikpapan menghubungkan Kabupaten Penajam Paser Utara dengan Kotamadya Balikpapan.Bangunan atas Jembatan Pulau Balang adalah cable stayed yang disokong oleh 2 buah pylon.Struktur bawah dari Pylon disokong oleh kelompok bored pile dimana pada saat pengecoran ditemukan volume aktual dari beton lebih besar dari volume rencana pile yang terjadi akibat pembesaran dari dimensi lubang bor rencana.Penelitian ini bertujuan mengetahui kondisi lubang boryaitu perubahan dimensi lubang bor dan kondisi daya dukung bored pile karena perubahan dimensi lubang bor tersebut. Kemudian membandingkan daya dukung rencana, daya dukung aktual dan daya dukung yang didapat dari pengujian beban bi-aksial Osterberg Cell Test.Dari perhitungan daya dukung menggunakan persamaan daya dukung selimut daya dukung ujung dan pengujian daya dukung berdasarkan OC Test didapatkan daya dukung aktual > daya dukung rencana > daya dukung dari pengujian OC. Perbedaan diameter aktual lubang bor terhadap diameter mata bor yang terindikasi belum dapat disimpulkan berhubungan dengan jenis tanah yang ada.Besarnya kenaikan daya dukung hasil OC test terhadap 2xQizin tidak sebanding dengan kenaikan akibat pembesaran diameter tiang. Sehingga kenaikan besarnya hasil OC test dapat disebabkan oleh pembesaran diameter atau bersama-sama dengan faktor lain.
Kata kunci : diameterbored Pile, concrete volume,bearing capacity, OC Test
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI