DIGITAL LIBRARY



JUDUL: MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPA TEMA LINGKUNGAN SAHABAT KITA MATERI SIKLUS AIR MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION, MIND MAPPING, DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VA SDN KELAYAN SELATAN 10 BANJARMASIN
PENGARANG:M. KHAIRIN FUADI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


ABSTRAK

 Fuadi, M. Khairin. 2019. Meningkatkan Hasil Belajar Muatan IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita Materi Siklus Air Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction dikombinasikan Dengan Model Mind Mapping, dan Make A Macth Pada Siswa Kelas VA SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. H. Mahlan Asmar, M.Pd.

 

Kata kunci:   Aktivitas Belajar, Materi Siklus Air, Explicit Instruction, Mind Mapping, Make A Macth.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Siswakurangmelibatkandirisecaraaktif, tidakterlibatlangsungdalam proses pembelajaran,danpembelajaran bersifatsatuarah sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa kelas VA SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin muatan IPA. Hal ini disebabkan model yang digunakan terlalu monoton. Untuk mengatasinya menggunakan kombinasi model Explicit Instruction, Mind Mapping, dan Make A Macth di SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama 3 pertemuan. Setting penelitian di SDN Kelayan Selatan 10 Banjarmasin dengan materi siklus air di kelas 5 dengan jumlah siswa 25 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan pada semester II tahun pelajaran 2018/2019. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan pada akhir pertemuan dengan kategori sangat baik. Aktivitas siswa mengalami peningkatan pada akhir pertemuan dengan kategori sangat aktif. Dan ketuntasan  klasikal hasil belajar pada aspek koginitif, afektif, dan psikomotorik mencapai ketuntasan klasikal.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kombinasi model Explicit Instruction, Mind Mapping, dan Make A Macth dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi siklus air. Disarankan kepada kepala sekolah, guru dan peneliti selanjutnya agar kombinasi model tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pilihan dalam memilih model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa. Khususnya pada pembelajaran IPA materi siklus air.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI