DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS ANAK DALAM MENGEKSPRESIKAN DIRI DENGAN BERKARYA SENI MENGGUNAKAN METODE OUTDOOR LEARNING DIKOMBINASIKAN DENGAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN METODE DRILL MELALUI KEGIATAN MELUKIS PADA ANAK KELOMPOK A DI TK MAWADDAH BANJARMASIN
PENGARANG:JAMILAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2019-11-23


ABSTRAK

 

Jamilah, S.Pd. 2019. Mengembangkan Aspek Motorik Halus Anak dalam Mengekspresikan Diri dengan Berkarya Seni menggunakan Metode Outdoor Learning Dikombinasikan dengan Metode Pemberian Tugas dan Metode Drill melalui Kegiatan Melukis pada Anak Kelompok A di TK Mawaddah Banjarmasin. TesisProgram Pascasarjana Program Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing I : Dr. Noorhapizah, ST.,M.Pd. Pembimbing II : Prof. Dr. H. Wahyu, MS

Kata Kunci : Motorik, Outdoor Learning, Drill, Pemberian Tugas, Melukis

                Penelitian ini berlatar belakang rendahnya kemampuan motorik halus anak  dalam mengekspresikan diri melalui karya seni. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang belum optimal, kurang terlibatnya anak dalam pembelajaran dan anak terbiasa melakukan kegiatan sendiri tanpa teman seusianya. Hasil laporan penilaian anak kelompok A di TK Mawaddah pada semester 2 tahun ajar 2018/2019 dengan jumlah 15 orang anak, ada 1 orang anak berkembang sangat baik, 2 orang anak berkembang sesuai harapan,  8 orang anak mulai berkembang, dan 3 orang anak masih belum berkembang dalam mengekspresikan diri dengan berkarya seni. Tujuan penelitian ini adalah untuk tercapainya perkembangan motorik halus anak dalam mengekspresikan diri dengan berkarya seni sesuai dengan standar tahapan perkembangan anak.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kelas (PTK) Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus.  Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan.  Tahapan kegiatan yang dilaksanakan dalam siklus penelitian tindakan kelas ini adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi dan penilaian hasil kemampuan anak), dan refleksi.

Hasil penelitian berkembang pada setiap pertemuan. Skor aktivitas guru pada siklus I pertemuan 1 mencapai skor 62 (cukup baik), pertemuan 2 skor 78 (baik), siklus II pertemuan 1 mencapai skor 94 (sangat baik). Untuk aktivitas anak pada siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 7 (Cukup aktif), pertemuan 2 dengan nilai rata-rata 8 (cukup aktif), berkembang pada siklus II pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 10 (aktif). Untuk hasil pengembangan motorik halus pada siklus 1 pertemuan 1 mencapai skor 27, (BB) pada pertemuan II mencapai skor 66 (BSH), pada siklus II pertemuan I mencapai skor 100 (BSB). hasil tersebut telah melebihi indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.

Berdasarkan hasil tersebut maka penelitian tindakan kelas ini Peneliti menyimpulkan bahwa dengan menggunkan Metode Outdoor Learning dikombinasikan dengan Metode Pemberian Tugas dan Metode Drill melalui Kegiatan Melukis dapat mengembangkan aktivitas guru, aktivitas anak, dan mengembangkan motorik halus anak pada kelompok A di TK Mawaddah Banjarmasin

 

ABSTRACT

 

Jamilah, S.Pd. 2019. Developing the Fine Motoric Aspects of Children in Expressing Themselves with Art Work using the Outdoor Learning Method Combined with the Assignment Method and the Drill Method through Painting Activities for Group A Children in Teacher Educate Mawaddah Kindergarten Banjarmasin. Thesis of the Graduate Program Master of Education Program to Early Childhood Education Teacher of Lambung Mangkurat University. Advisor I: Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd. Advisor II: Prof. Dr. H. Wahyu, MS

Keywords: Motor, Outdoor Learning, Drill, Assignment, Painting

The background of this research is the low motor ability of children to express themselves through art. This is because learning is not yet optimal, children are less involved in learning and children are accustomed to doing their own activities without peers. The results of the group A children's assessment report at Mawaddah Kindergarten in semester 2 of 2018/2019 with 15 children, 1 child developed very well, 2 children developed according to expectations, 8 children began to develop, and 3 children still have not develop in expressing themselves by creating art. The purpose of this study is to achieve the fine motor development of children in expressing themselves by creating art in accordance with the standard stages of child development.

This research uses a class research method (CAR). The method used is classroom action research with 2 cycles. Each cycle consists of 2 meetings. The stages of activities carried out in this class action research cycle are planning, implementing actions, observing (observing and evaluating the results of children's abilities), and reflection.

Research results develop at each meeting. Teacher activity score in the first cycle of meeting 1 reached a score of 62 (good enough), meeting 2 a score of 78 (good), the second cycle of meeting 1 reached a score of 94 (very good). For children's activities in the first cycle of meeting 1 with an average value of 7 (quite active), meeting 2 with an average value of 8 (quite active), increased in the second cycle of meeting 1 with an average value of 10 (active). For the results of fine motor development in cycle 1 meeting 1 reached a score of 27, (BB) at meeting II reached a score of 66 (BSH), in cycle II meeting I reached a score of 100 (BSB). these results have exceeded established success indicators.

Based on these results, this class action research Researchers concluded that by using the Outdoor Learning Method combined with the Task Giving Method and the Drill Method through Painting Activities can increase teacher activity, children's activities, and develop children's fine motor skills in group A in kindergarten Mawaddah Banjarmasin

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI